Teknologi Pangan Atma Jaya Akreditasi

Sebagai manusia, kita semua membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Namun, apakah kamu pernah berpikir tentang bagaimana makanan dihasilkan dan diproses sehingga bisa dikonsumsi?
Inilah mengapa Teknologi Pangan sangat penting.

Teknologi Pangan: Apa itu?

Teknologi Pangan adalah cabang ilmu yang mempelajari semua tahap dari produksi makanan, mulai dari bahan mentah hingga makanan jadi. Dalam hal ini, Teknologi Pangan melibatkan ilmu dasar seperti kimia, biologi, dan fisika. Tujuannya adalah untuk memperpanjang masa simpan makanan dan mengurangi risiko keracunan makanan.

Teknologi Pangan

Mengapa Teknologi Pangan Penting?

Teknologi Pangan sangat penting untuk menjaga kesehatan dan keselamatan konsumen. Proses produksi makanan yang tidak terkontrol dapat menyebabkan bahaya kesehatan. Misalnya, jika makanan terkontaminasi oleh bakteri berbahaya seperti Salmonella, dapat menyebabkan keracunan makanan.

Jenis-jenis Teknologi Pangan

Teknologi Pangan terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya:

  • Pengawetan makanan: Proses pengawetan bertujuan untuk menghentikan pembusukan makanan dan memperpanjang masa simpan. Contoh bahan pengawet yang digunakan adalah garam, cuka, dan asam sitrat.
  • Pasturisasi: Teknik pasturisasi digunakan untuk membasmi bakteri yang berbahaya di dalam makanan. Umumnya digunakan untuk produk susu, seperti susu dalam kemasan.
  • Pengeringan: Proses pengeringan digunakan untuk menghilangkan kelembapan dari makanan agar tidak cepat rusak.
  • Pemanasan: Pemanasan digunakan untuk menghilangkan bakteri yang berbahaya di dalam makanan. Proses ini umumnya digunakan pada produk makanan kaleng dan kemasan yang lain
Teknologi Pangan UAD Akreditasi B

Cara Kerja Teknologi Pangan

Proses Teknologi Pangan dimulai dari bahan baku yang masuk pabrik. Setelah itu, bahan baku akan diperiksa keamanannya dan diproses dengan teknologi yang tepat. Teknologi ini bisa berupa pengawetan, pemanasan, atau pengeringan. Setelah diproses, produk akhir diuji untuk memastikan keamanannya sebelum dilepas ke pasaran.

Keuntungan Teknologi Pangan

Teknologi Pangan memungkinkan produsen makanan untuk menghasilkan makanan yang aman, lebih tahan lama, dan dengan kualitas yang meningkat. Beberapa keuntungan Teknologi Pangan lainnya adalah :

  • Memperpanjang masa simpan makanan dan mengurangi pemborosan makanan.
  • Memungkinkan produsen makanan untuk menghasilkan makanan semantap mungkin.
  • Memperluas pilihan makanan bagi konsumen.
Teknologi Pangan FTI UAD

Manfaat Teknologi Pangan

Teknologi Pangan memberikan manfaat bagi proses produksi makanan dan konsumennya. Beberapa manfaat Teknologi Pangan adalah:

  • Meningkatkan nilai nutrisi makanan untuk menjaga kesehatan.
  • Menghasilkan produk makanan yang murah dan mudah diakses.
  • Memperluas pasar makanan impor dan ekspor.
  • Meningkatkan kemampuan negara dalam produksi makanan.

- Kesimpulan -
Tentunya, Teknologi Pangan memegang peranan penting dalam memproses makanan yang kita konsumsi sehari-hari agar aman dan berkualitas tinggi. Oleh karena itu, para ahli dalam Teknologi Pangan sangatlah dibutuhkan. Salah satu universitas yang menawarkan program studi Teknologi Pangan adalah Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Program studi ini sudah terakreditasi B dan mengajarkan proses produksi makanan, pengawetan makanan, dan pengujian makanan. Diharapkan bahwa dengan semakin majunya teknologi pangan, produksi makanan yang lebih baik dan berkualitas tinggi akan semakin meningkat.

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Posting Komentar untuk "Teknologi Pangan Atma Jaya Akreditasi"