Teknologi Fermentasi Makanan

Apa kabar, peeps!? Kali ini aku mau bahas tentang teknologi fermentasi yang konon katanya bagus buat diet. Bener gak sih? Kita bahas yuk!

I. TEKNOLOGI FERMENTASI

Teknologi Fermentasi

Apa itu teknologi fermentasi sih? Nah, teknologi fermentasi ini adalah salah satu cara pengawetan bahan pangan yang sudah digunakan sejak berabad-abad yang lalu. Teknologi ini diterapkan dengan cara menambahkan mikroba aktif ke dalam makanan untuk mengubah komponen nutrisi dan senyawa-senyawa lainnya pada bahan pangan tersebut.

Dari gimana teknologinya, kita bisa dapetin makanan yang sehat dan juga lezat, karena proses fermentasinya itu bikin rasa dan aroma makanan lebih rich.

Lantas, mengapa teknologi fermentasi menjadi topik pembicaraan terkini? Mungkin karena di beberapa negara teknologi fermentasi sudah diterapkan dalam setiap aspek kehidupan, salah satunya adalah Jepang. Jepang terkenal dengan olahan makanan fermentasi seperti miso, shoyu, tofu, sake, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Makanan Fermentasi Indonesia, Bukti Kejeniusan Para Leluhur Bangsa Indonesia

Makanan Fermentasi Indonesia

Makanan fermentasi ternyata sudah lama diproduksi di Indonesia. Bahkan, makanan fermentasi merupakan bagian dari hasil kebudayaan dan kebersamaan yang terbentuk sejak ribuan tahun yang lalu.

Makanan fermentasi tradisional biasanya menggunakan benda-benda alami seperti daun pisang, daun jati, dan bambu yang sudah dijual secara cukup luas di pasar-pasar tradisional. Pembuatan makanan fermentasi tradisional ini memang memakan waktu yang cukup lama, tapi dihasilkan makanan yang sehat dan lezat.

INFO PERTANIAN & PETERNAKAN: Cara Mudah Membuat Pakan Fermentasi Organik Untuk Ternak Domba

Pakan Fermentasi Organik

Ternak domba? Ada yang punya ternak domba? Tenang aja, gak harus punya ternak domba untuk baca artikel ini. Jadi, di sini aku mau sharing tentang cara membuat pakan fermentasi organik untuk ternak domba.

Cara membuatnya cukup gampang loh. Tapi kamu harus membuatnya dengan teliti dan hati-hati. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan seperti kulit jagung, hijauan, ampas tahu, bahan organik lain, dan juga bakteri pelarut makanan seperti Aspergillus spp, Lactobacillus spp, Streptococcus spp, dan juga Clostridium spp.

Nah, cara kerja pakan fermentasi organik ini adalah dengan mengolah bahan-bahan tersebut dengan bantuan bakteri pelarut makanan. Bakteri inilah yang menghasilkan jenis asam organik tertentu sehingga membuat pakan menjadi lebih mudah dicerna oleh ternak.

Manfaat Makanan Fermentasi Bagi Kesehatan ~ Permathic Blog

Manfaat Makanan Fermentasi

Ngomong-ngomong soal makanan fermentasi, gimana sih dengan manfaatnya? Dari menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan pencernaan, makanan fermentasi ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan kita.

Pertama-tama, dengan mengonsumsi makanan fermentasi secara teratur, kamu bisa meningkatkan sistem imun tubuhmu, lho. Kandungan probiotik dalam makanan fermentasi bisa memperbaiki kerja sel-sel sistem imun dan meningkatkan jumlah sel-sel penjaga tubuh (antibodi).

Mungkin kamu juga pernah denger soal autoimun diseases. Nah, dengan mengonsumsi makanan fermentasi, kamu juga bisa mencegah dan meredakan gangguan seperti itu. Kandungan probiotik di dalamnya bisa membantu meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi peradangan tubuh

Selain itu, bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, makanan fermentasi bisa menjadi pilihan yang tepat. Kandungan protein dan serat pada makanan fermentasi membuat rasa kenyang yang lebih lama dan mengurangi asupan makanan berkalori serta lemak jenuh yang tidak sehat bagi tubuh kita.

Menarik kan? Nah, ada lagi nih keuntungan dari makanan fermentasi. Kita pasti sering banget mendengar soal vitamin D, ini karena vitamin D sangat penting buat tubuh kita. Dan, ternyata, makanan fermentasi juga mengandung vitamin D. Vitamin D dalam makanan fermentasi ternyata cukup tinggi, bahkan lebih tinggi dari makanan olahan lainnya.

Jadi, gimana? Sudah tertarik untuk mengonsumsi makanan fermentasi? Jangan ragu untuk mencoba makanan fermentasi. Kamu bisa mengonsumsi makanan fermentasi seperti kimchi, tempe, yogurt, kefir, dan masih banyak lagi.

Oh iya, itu tadi beberapa penggunaan teknologi fermentasi dan manfaat kesehatannya yang mungkin kamu belum tahu. Yuk, mulai konsumsi makanan fermentasi dari sekarang agar mendapatkan manfaat sehat yang maksimal.


Posting Komentar untuk "Teknologi Fermentasi Makanan"