Kuliner Surabaya Daerah Gubeng

Surabaya memang menjadi kota yang kaya akan wisata kuliner. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke sini tidak hanya untuk melihat objek wisata semata tetapi juga melepas rasa rindu akan beberapa kuliner khas Surabaya yang sayang untuk dilewatkan. Berikut adalah beberapa kuliner Surabaya yang bisa menjadi referensi Anda.

1. Nasi Rawon

Siapa yang tidak kenal dengan nasi rawon? Nasi rawon adalah salah satu makanan khas Surabaya yang sangat terkenal. Dibuat dengan bahan utama daging sapi, kluwak, dan bumbu khas Surabaya yang menjadikan rasanya sangat khas. Penyajian nasi rawon biasanya dilengkapi dengan sedikit irisan daging, tauge, emping, dan sambal.

Apa itu?

Nasi rawon adalah makanan khas Surabaya yang terbuat dari daging sapi, kluwak, dan bumbu khas Surabaya.

Mengapa harus mencoba?

Nasi rawon menjadi salah satu kuliner wajib yang harus dicoba ketika berada di Surabaya. Rasanya yang khas dan lezat pasti akan membuat lidah Anda bergoyang.

Jenis-jenis nasi rawon
  • Nasi rawon daging sapi.
  • Nasi rawon babat.
  • Nasi rawon ayam.
Cara membuat nasi rawon

Pertama-tama, rebus kluwak terlebih dahulu hingga empuk. Setelah itu, tumbuk kluwak hingga halus. Tumis bumbu halus hingga harum dan masukkan daging sapi. Masak hingga daging empuk. Setelah itu, masukkan kluwak yang sudah ditumbuk, lalu aduk rata. Rebus hingga mendidih. Sajikan nasi rawon bersama tauge, irisan daging, dan sambal.

Keuntungan Nasi Rawon

Kandungan nutrisi dalam nasi rawon bisa membantu meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membantu proses penyembuhan luka lebih cepat.

Manfaat Nasi Rawon

Nasi rawon mengandung beberapa zat yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti magnesium, zat besi, tembaga, dan kalium. Selain itu, kandungan antioksidan dalam kluwak juga bisa membantu mencegah beberapa penyakit, seperti kanker dan diabetes.

2. Sate Klopo

Sate Klopo adalah salah satu kuliner khas Surabaya yang juga tidak kalah terkenalnya. Sate ini terbuat dari daging ayam atau kambing yang dibumbui dengan kelapa parut dan diberi campuran rempah khas Surabaya. Sate ini biasanya disajikan dengan nasi dan lontong serta bumbu kacang yang pedas dan gurih.

Apa itu Sate Klopo?

Sate Klopo adalah kuliner khas Surabaya yang terbuat dari daging ayam atau kambing yang dibumbui dengan kelapa parut dan di campur dengan rempah khas Surabaya.

Mengapa harus mencoba?

Sate Klopo menjadi salah satu kuliner paling enak yang ada di Suraba. Empuknya daging yang diikat dengan kelapa parut membuatnya semakin lezat.

Jenis-jenis Sate Klopo
  • Sate Klopo ayam.
  • Sate Klopo kambing.
Cara membuat Sate Klopo

Ambil daging ayam atau kambing lalu potong sesuai dengan keinginan. Siapkan kelapa parut dan tambahkan bumbu khas Surabaya.Bakar daging dengan kelapa parut di atas arang. Sajikan dengan nasi dan lontong serta bumbu kacang.

Keuntungan Sate Klopo

Sate Klopo mengandung protein yang cukup tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan dan proses regenerasi sel-sel tubuh. Selain itu, sebagai makanan yang menggunakan kelapa parut maka Sate klopo juga bisa memberikan efek yang bagus untuk kesehatan mata.

Manfaat Sate Klopo

Sate Klopo mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu memelihara kesehatan sel-sel tubuh, serta membantu menjaga kesehatan jantung dan tingkat kolesterol dalam tubuh.

3. Tahu Tek

Tahu Tek adalah makanan khas Surabaya yang tidak kalah terkenal dengan kuliner lainnya. Tahu Tek terbuat dari tahu yang digoreng dan diberi toping telur, kecap manis, petis, bawang goreng, dan kerupuk. Rasanya yang gurih dan manis pasti akan membuat lidah Anda bergoyang.

Apa itu Tahu Tek?

Tahu Tek adalah makanan khas Surabaya yang terbuat dari tahu yang digoreng dan diberi toping telur, kecap manis, petis, bawang goreng, dan kerupuk.

Mengapa harus mencoba?

Tahu Tek merupakan salah satu kuliner terbaik yang bisa menjadi referensi Anda ketika ingin mencari makanan di Surabaya. Rasanya yang gurih dan manis benar-benar enak.

Jenis-jenis Tahu Tek
  • Tahu Tek Telur (paling populer)
  • Tahu Tek Keju
  • Tahu Tek Jamur
Cara membuat Tahu Tek

Siapkan tahu lalu iris sesuai dengan keinginan. Siapkan wajan dan minyak lalu masukkan tahu ke dalam wajan dan goreng hingga kecoklatan. Taruh tahu goreng di atas piring, lalu beri topping dengan kecap manis, telur, bawang goreng, dan kerupuk.

Keuntungan Tahu Tek

Tahu Tek adalah makanan yang murah meriah dan mudah ditemukan di pasaran. Selain itu, Tahu Tek juga mengandung protein dan karbohidrat yang berguna untuk meningkatkan energi tubuh sehingga bisa memberikan efek yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Tahu Tek

Tahu Tek mengandung beberapa nutrisi penting seperti protein dan karbohidrat, namun juga tidak memiliki kandungan kolesterol yang berbahaya. Dengan begitu, makan Tahu Tek secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah salah satu makanan khas Surabaya yang sangat terkenal. Makanan ini terbuat dari bahan utama seperti potongan sayur dan tahu serta cingur sapi yang dicampur dengan saus kacang yang pedas dan gurih. Hidangan ini sangat kaya akan rasa, mulai dari manis, pedas, asam dan segar.

Apa itu Rujak Cingur?

Rujak Cingur adalah makanan khas Surabaya yang terbuat dari potongan sayur dan tahu serta cingur sapi yang dicampur dengan saus kacang yang pedas dan gurih.

Mengapa harus mencoba?

Rujak Cingur adalah salah satu kuliner terbaik dari Surabaya yang tidak boleh Anda lewatkan. Rasa saus kacang yang pedas dan gurih membuat rasa dari Rujak Cingur ini semakin nikmat.

Jenis-jenis Rujak Cingur
  • Rujak Cingur biasa
  • Rujak Cingur Belut
  • Rujak Cingur Jabir
Cara membuat Rujak Cingur

Siapkan potongan sayur dan tahu lalu potong sesuai dengan selera. Rebus cingur lalu potong tipis-tipis. Siapkan bumbu yang terdiri dari kacang tanah, gula merah, dan asam jawa. Setelah itu, campurkan semua bahan hingga merata.

Keuntungan Rujak Cingur

Rujak Cingur mengandung beberapa vitamin penting seperti vitamin K dan vitamin E yang baik untuk pertumbuhan anak dan menjaga kesehatan sendi.

Manfaat Rujak Cingur

Rujak Cingur memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti mengandung antioksidan yang berguna untuk membantu menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini pada kulit serta mengurangi risiko kanker.

5. Lontong Balap

Lontong Balap adalah salah satu kuliner khas Surabaya yang sangat populer. Makanan ini terdiri dari lontong, tauge, lentho serta diberi bumbu petis yang khas. Rasanya yang gurih dan khas pasti membuat Anda ketagihan.

Apa itu Lontong Balap?

Lontong Balap adalah makanan khas Surabaya yang terdiri dari lontong, tauge, lentho, serta bumbu petis khas Surabaya.

Mengapa harus mencoba?

Lontong Balap menjadi salah satu kuliner khas Surabaya yang wajib Anda cicipi. Rasanya yang khas dan enak pasti membuat Anda ketagihan.

Jenis-jenis Lontong Balap
  • Lontong Balap Biasa
  • Lontong Balap Padhang
  • Lontong Balap Motokar
Cara membuat Lontong Balap

Rebus lontong hingga matang, siapkan bumbu petis. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Setelah itu, tambahkan petis, gula merah, dan sedikit air lalu aduk rata. Masukkan tauge, lentho dan juga lontong ke dalam bumbu petis, aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Keuntungan Lontong Balap

Lontong Balap adalah makanan yang rendah lemak dan kolesterol sehingga baik untuk Anda yang menerapkan diet sehat. Selain itu, Lontong Balap juga mengandung serat dan protein yang bisa meningkatkan kesehatan pencernaan.

Manfaat Lontong Balap

Lontong Balap mengandung beberapa nutrisi yang berguna dalam menjaga kesehatan tubuh, seperti vitamin B6, vitamin C, kalsium, dan zat besi.

Itulah beberapa kuliner khas Surabaya yang wajib dicoba ketika Anda sedang berada di kota Pahlawan. Selamat mencoba dan menikmati kelezatan kuliner Surabaya.


Posting Komentar untuk "Kuliner Surabaya Daerah Gubeng"