Kuliner Khas Surabaya Malam Hari

Wah, kalian semua pasti udah pada ngiler ya liat kuliner-kuliner enak di Surabaya! Udah bisa bayangin enaknya gimana, apalagi di malam hari sambil ngobrol santai, hmmmm...

Nasi Gandul

Nasi GandulNasi Gandul yang satu ini emang terkenal banget dengan rasa pedasnya yang bikin ketagihan. Apa itu Nasi Gandul? Jadi ini nasi uduk yang diolah dengan menggunakan kaldu daging kambing atau sapi yang ditambah dengan rempah-rempah seperti kemiri, keluwak, dan serai. Mengapa disebut Nasi Gandul? Hmmm, kata 'gandul' ini sebenarnya berasal dari bahasa Jawa yang artinya kurang gizi. Awalnya, Nasi Gandul ini dijual sebagai makanan yang murah meriah dan bergizi yang digemari oleh para pengamen. Tapi sekarang, Nasi Gandul sudah menjadi salah satu kuliner khas Surabaya yang paling populer dan nikmat!

Untuk jenis-jenis Nasi Gandul ini sendiri terdapat seperti Nasi Gandul Ayam, Nasi Gandul Istimewa, dan Nasi Gandul Komplit. Untuk cara kerjanya sendiri cukup simple, nasi dan kuahnya dihidangkan terpisah-pisah dan keuntungannya adalah kamu bisa makan nasi sebanyak-banyaknya tanpa takut kekenyangan. Manfaat dari Nasi Gandul ini bisa ngebantu kamu yang lagi rindu sama makanan rumahan tapi cuma disini kamu bisa dapetin rasa pedas yang bikin kamu nagih untuk datang kembali ke Surabaya!

Rujak Cingur

Rujak CingurRujak Cingur, siapa sih yang ga tahu makanan khas Surabaya yang satu ini? Apa itu Rujak Cingur? Jadi ini adalah campuran antara sayuran dan buah-buahan yang dilengkapi dengan cingur atau moncong sapi dan petis. Mengapa disebut Rujak Cingur? Hmm, karena cingur atau moncong sapi itu makanan yang unik dan nggak lazim, jadi makanya dinamain Rujak Cingur. Jenis-jenis Rujak Cingur ini sendiri tergolong banyak, ada Rujak Cingur Komplit, Rujak Cingur Khas Wonogiri, dan Rujak Cingur Surabaya.

Cara kerja dari Rujak Cingur ini juga mudah, setelah bahan-bahan dicuci sampai bersih, barulah mereka diiris kecil-kecil, diatur di atas piring dan ditambahkan bumbu rujak. Keuntungan dari Rujak Cingur ini ya selain rasanya yang enak juga nggak mahal! Manfaat dari Rujak Cingur ini sendiri bisa membantu kamu untuk merasakan makanan yang khas dan membantu untuk lebih mengenal budaya yang ada sangat bermanfaat untuk menambah wawasan kamu tentang kuliner khas di Indonesia!

Sate Klopo

Sate KlopoKalau kalian ke Surabaya jangan lupa untuk mencicipi Sate Klopo, ya! Apa itu Sate Klopo? Jadi ini adalah sate ayam yang dilumuri dengan kelapa yang diparut halus bersama dengan bumbu rempah seperti bawang putih, ketumbar dan kunyit. Mengapa disebut Sate Klopo? Ya karena diparut menggunakan parutan kelapa dengan loyang atau yang sering dikenal dengan nama Klopo. Jenis-jenis Sate Klopo sendiri tergolong sedikit yaitu hanya ada Sate Ayam Klopo.

Cara kerja dari Sate Klopo ini mudah ya, ayamnya dipotong-potong dulu sesuai ukuran, diberi bumbu, baru dipanggang di atas arang. Setelah itu baru dimasukkan ke dalam serutan kelapa yang sudah dibumbuin. Keuntungan dari Sate Klopo ini adalah kelapa yang mereka gunakan itu bikin rasanya beda dan bikin kamu ketagihan. Manfaat dari Sate Klopo ini bisa membantu kamu untuk menikmati sate ayam yang biasa, menjadi spesial dengan kelapa yang menyelimuti dan menghadirkan pengalaman baru dalam mencicipi sate ayam, hmmm nikmat banget deh!

Bebek Sinjay

Bebek SinjaySiapa yang suka dengan bebek? Kalau kalian suka banget dengan bebek, jangan lupa jangan melewatkan Bebek Sinjay ya! Apa itu Bebek Sinjay? Jadi ini bebek goreng khas Surabaya yang diatasnya diberi tambahan saus sambal yang super pedas. Bagi yang suka pedas, Bebek Sinjay ini bisa jadi pilihan yang tepat karena kepedasan dan kelezatannya bikin lagih suka. Mengapa disebut Bebek Sinjay? Entahlah, sayangnya aku belum tahu sejarah awal kemunculan nama Bebek Sinjay ini.

Cara kerja dari Bebek Sinjay ini sama seperti bebek goreng pada umumnya. Dimasak hingga kekuningan dan diberi tambahan saus sambal yang super pedas. Keuntungan dari Bebek Sinjay ini ya kalau kamu bikin nangis karena kepedasan, yang lain bisa ngerengek-rengek minta dibagi dan bisa jadi obat juga buat kamu yang lagi stres jadi kamu bisa makan sambil bercanda-canda bareng teman-teman. Manfaat dari Bebek Sinjay ini bisa bikin kamu lebih betah berlama-lama di Surabaya hanya untuk mencari dan mencicipi kuliner legendaris satu ini!

Nasi Empal Pengampon

Nasi Empal PengamponKamu suka makanan yang gurih-gurih nih? Kalau gitu, kamu harus banget nih cobain Nasi Empal Pengampon. Apa itu Nasi Empal Pengampon? Jadi ini adalah nasi yang dihidangkan dengan lauk empal dan tempe bacem yang gurih. Hampir sama seperti Nasi Gandul, Nasi Empal Pengampon ini juga disajikan dengan kuah kaldu yang kaya rempah-rempah. Mengapa disebut Nasi Empal Pengampon? Kalau menurut cerita, makanan ini berasal dari daerah pengampon, oleh karena itu makanan ini dinamakan Nasi Empal Pengampon.

Cara kerja dari Nasi Empal Pengampon ini cukup simple, setelah mendapatkan bahan seperti daging, tempe, dan bumbu, barulah diproses hingga matang dan disajikan dengan nasi. Keuntungan dari Nasi Empal Pengampon adalah kamu bisa merasakan nasi dengan segala kelezatannya yang berasal dari kuah kaldu yang mereka gunakan. Manfaat dari Nasi Empal Pengampon sendiri mampu memberikan sensasi yang berbeda ketika dinikmati, terlebih lagi dengan rasa gurih yang dihasilkan oleh lauk empal dan tempe bacem.

Jadi, itu dia beberapa kuliner khas Surabaya yang enak banget dan selalu ramai pengunjung. Kalau kalian ke Surabaya jangan lupa untuk mencicipi satu atau bahkan semua kuliner tersebut ya! Rasanya nggak cuma enak tapi juga bisa bikin happy dan merasakan pengalaman baru dalam konsumsi makanan. So, kapan kita jalan-jalan ke Surabaya?


Posting Komentar untuk "Kuliner Khas Surabaya Malam Hari"