5 Contoh Makanan Khas Surabaya

Wah, gak kerasa sudah lama banget nih kita gak bahas kuliner-kuliner khas daerah ya guys. Aku lagi suka banget nih sama makanan-makanan khas Surabaya, ada yang udah pernah cobain juga belum? Kalo belum, yuk kita bahas bareng-bareng!

Makanan Khas Surabaya Pertama: Rawon

gambar rawon

Apa itu rawon? Rawon adalah makanan khas Surabaya yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan racikan bumbu khusus dan kecap. Meskipun rasanya agak pedas, tapi seger banget kalo dimakan pas lagi hujan-hujanan atau kalo lagi kedinginan gitu.

Mengapa rawon jadi makanan khas Surabaya? Karena daging sapi dan bumbunya banyak tersedia di daerah tersebut dan menjadi salah satu makanan yang paling digemari oleh masyarakat Surabaya.

Jenis-jenis rawon? Ada beberapa jenis rawon yaitu rawon daging sapi, rawon babat, dan rawon ayam. Namun, yang paling populer dan enak ya rawon daging sapi.

Cara kerja pembuatan rawon? Daging sapi direbus sampai matang, kemudian dimasak dengan racikan bumbu khusus seperti kelapa sangrai, bawang putih, kluwak, dan rempah lainnya. Setelah itu ditambahkan kecap manis dan disajikan dengan nasi.

Keuntungan dari mengonsumsi rawon? Kandungan zat besi dan protein tinggi di dalam daging sapi dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita. Selain itu, kandungan kluwak pada rawon juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan sembelit.

Manfaat dari mengonsumsi rawon? Selain membantu meningkatkan daya tahan tubuh, kandungan zat besi juga bisa membantu meningkatkan fungsi otak dan mencegah anemia. Sedangkan kandungan kluwak dapat membantu melancarkan pencernaan dan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Makanan Khas Surabaya Kedua: Lontong Balap

gambar lontong balap

Apa itu lontong balap? Lontong balap adalah makanan khas dari Kota Surabaya yang terbuat dari ketupat atau lontong yang dilengkapi dengan tauge, tahu, lentho, taoge, dan di atasnya disiram dengan kuah kacang sambal dan bumbu kacang.

Mengapa lontong balap jadi makanan khas Surabaya? Karena makanan ini berasal dari warung-warung sepeda yang sering diparkir di pinggir jalan. Dalam bahasa Jawa, "balap" berarti mempersatukan, yang melambangkan sepeda-sepeda tersebut yang ditempatkan bersama di pinggir jalan untuk menjual makanan ini.

Jenis-jenis lontong balap? Ada beberapa jenis lontong balap yaitu lontong balap peneleh, lontong balap kodam, dan lontong balap kumutir. Tetapi, yang paling legendaris di Surabaya dan bisa anda coba adalah Lontong Balap Pahlawan.

Cara kerja pembuatan lontong balap? Lontong atau ketupat direbus dan diiris kecil-kecil, di atasnya diberikan bahan pelengkap seperti tauge, tahu, lentho, taoge, dan disiram dengan kuah kacang sambal dan bumbu kacang.

Keuntungan dari mengonsumsi lontong balap? Kandungan serat dari sayuran yang ada pada lontong balap dapat membantu melancarkan pencernaan kita. Selain itu, protein yang terkandung pada tahu dan lentho juga sangat baik untuk pertumbuhan sel-sel tubuh kita.

Manfaat dari mengonsumsi lontong balap? Selain membantu melancarkan pencernaan dan pertumbuhan sel tubuh, kandungan protein dan karbohidrat pada lontong balap juga dapat membantu meningkatkan energi dan daya tahan tubuh kita.

Makanan Khas Surabaya Ketiga: Soto Ayam

gambar soto ayam

Apa itu soto ayam? Soto ayam adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu ayam, daging ayam, dan disajikan dengan mie, telur, dan bumbu-bumbu yang khas.

Mengapa soto ayam jadi makanan khas Surabaya? Karena di Surabaya terdapat Soto Ayam Ambengan Pak Sadi, yang dianggap menjadi pelopor soto ayam di Surabaya dan sudah eksis sejak tahun 1940-an.

Jenis-jenis soto ayam? Ada beberapa jenis soto ayam yaitu soto Ayam Ambengan, soto banjar, soto Kudus, soto lamongan, dan lain-lain.

Cara kerja pembuatan soto ayam? Pertama-tama, ayam direbus dan air rebusannya dipisahkan dari ayamnya. Setelah itu, bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan ketumbar dihaluskan dan dicampurkan dengan air kaldu. Kemudian, mie dipotong-potong dan disajikan bersama dengan kaldu ayam, daging ayam, dan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan.

Keuntungan dari mengonsumsi soto ayam? Kandungan protein yang tinggi pada ayam dan telur sangat baik untuk pertumbuhan sel-sel tubuh kita. Selain itu, kandungan kaldu ayam yang kaya akan nutrisi dan mineral seperti magnesium dan fosfor juga sangat baik untuk kesehatan tulang kita.

Manfaat dari mengonsumsi soto ayam? Selain membantu meningkatkan pertumbuhan sel-tubuh dan kesehatan tulang, kandungan kaldu ayam juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan, mengatasi demam, dan membantu mengatasi masalah flu dan sakit kepala.

Makanan Khas Surabaya Keempat: Rujak Cingur

gambar rujak cingur

Apa itu rujak cingur? Rujak cingur adalah makanan khas Surabaya yang terbuat dari irisan cingur, sayuran, dan buah dan disiram dengan bumbu kacang yang pedas.

Mengapa rujak cingur jadi makanan khas Surabaya? Karena bahan-bahan seperti cingur banyak ditemukan di Surabaya, yang membuat makanan ini menjadi sangat terkenal di daerah tersebut.

Jenis-jenis rujak cingur? Ada beberapa jenis rujak cingur seperti rujak petis, rujak uleg, rujak mangga, dan lain-lain. Namun, yang paling terkenal adalah rujak cingur.

Cara kerja pembuatan rujak cingur? Pertama-tama, bahan-bahan seperti cingur, sayur-sayuran seperti timun, ketimun, dan kol, serta buah seperti mangga, nanas dan kedondong, dicuci dan dipotong kecil-kecil. Setelah itu, semua bahan dicampurkan dan disiramkan dengan bumbu kacang, petis dan air asam.

Keuntungan dari mengonsumsi rujak cingur? Kandungan serat pada sayur-sayuran dan buah sangat baik untuk melancarkan pencernaan kita. Selain itu, protein pada cingur juga sangat baik untuk memperkuat otot-otot tubuh kita.

Manfaat dari mengonsumsi rujak cingur? Selain membantu melancarkan pencernaan dan memperkuat otot tubuh, kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin A, C, dan K pada buah-buahan dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut kita.

Makanan Khas Surabaya Kelima: Sate Klopo

gambar sate klopo

Apa itu sate klopo? Sate klopo adalah makanan khas Surabaya yang terbuat dari daging sapi atau ayam yang dipotong kecil-kecil, lalu dibumbui dengan bumbu spesial dan dibalut dengan kelapa parut sebelum di bakar.

Mengapa sate klopo jadi makanan khas Surabaya? Karena bahan-bahan seperti kelapa parut dan bumbu-bumbu khas memang banyak tersedia di daerah tersebut.

Jenis-jenis sate klopo? Ada dua jenis sate klopo yaitu sate klopo daging sapi dan sate klopo ayam

Cara kerja pembuatan sate klopo? Pertama-tama, daging sapi atau ayam dipotong dadu dan dibumbui dengan bumbu khusus. Setelah itu, dagingnya diberikan lapisan kelapa parut sebelum dibakar di atas bara api.

Keuntungan dari mengonsumsi sate klopo? Kandungan protein dari daging sapi atau ayam sangat baik untuk pertumbuhan sel-tubuh kita. Selain itu, kandungan serat pada kelapa parut juga sangat baik untuk melancarkan pencernaan kita.

Manfaat dari mengonsumsi sate klopo? Selain membantu pertumbuhan sel-tubuh dan melancarkan pencernaan, kandungan kalium pada kelapa parut bisa membantu menjaga kesehatan jantung kita. Sedangkan kandungan protein pada daging sapi atau ayam dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Nah, itu tadi informasi mengenai lima makanan khas Surabaya yang paling populer. Sudah pada pernah mencobanya belum nih? Kalau ada yang sudah cobain, komen dibawah yuk gimana rasanya, apakah enak atau j….

*Pernyataan di atas tidak mewakili pendapat dan opini dari Tokopedia Blog dan Sweetrip Indonesia.

Posting Komentar untuk "5 Contoh Makanan Khas Surabaya"