Teknologi Pangan Saintek Atau Soshum

Kamu pasti pernah dengar tentang pertanyaan sains vs sosial, apalagi kalau sudah memasuki masa SMA atau kuliah. Pertanyaan yang sering kali membuat kita bingung memilih antara Saintek (Sains dan Teknologi) atau Soshum (Sosial dan Humaniora). Sebenarnya apa itu Saintek dan Soshum? Mengapa banyak orang terjebak dalam memilih antara keduanya? Yuk, kita simak penjelasannya!

Saintek

Saintek merupakan bidang studi yang didasarkan pada ilmu pengetahuan dan teknologi. Ilmu sains diterapkan dalam teknologi, yang kemudian baru diaplikasikan untuk pengembangan produk atau layanan. Jadi, jika kamu memilih Saintek, maka kamu akan banyak belajar tentang matematika, kimia, fisika, biologi, dan teknologi. Tentu saja, mata pelajaran ini memiliki tingkat kesulitan yang sekiranya lebih tinggi dibandingkan dengan Soshum.

saintek

Apa itu Saintek?

Saintek adalah singkatan dari Sains dan Teknologi. Dengan demikian, bidang Saintek biasanya melibatkan berbagai disiplin ilmu yang mengeksplorasi dalam pengembangan teknologi yang inovatif dan juga solusi inovatif yang melibatkan ilmu sains. Sebagai contoh, ilmuwan yang terlibat pada teknologi medis harus memahami anatomi, kimia, dan biologi.

Mengapa Harus Memilih Saintek?

Memilih Saintek mungkin merupakan pilihan yang mengerikan bagi kebanyakan orang karena sains dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit. Tapi, faktanya, ilmu sains sangat penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Sains menginspirasi dan mengeluarkan berbagai penginovasian yang bermanfaat untuk kehidupan manusia, seperti penemuan mobil yang selalu kita gunakan sehari-hari atau bahkan aplikasi di ponsel kita. Saintek membawa kita pada kemajuan teknologi yang tidak akan pernah kita bayangkan sebelumnya.

Jenis-Jenis Saintek

Bidang Saintek terdiri dari beberapa jenis ilmu, di antaranya yaitu:

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi
  • Teknologi Informasi
saintek

Cara Kerja pada Saintek

Selama kuliah atau ketika bekerja pada bidang Saintek, kamu akan belajar cara melakukan eksperimen dan simulasi untuk menemukan suatu jawaban yang tepat. Kamu akan belajar bagaimana cara menemukan masalah, mengumpulkan data, menganalisis data, dan memecahkan masalah.

Keuntungan Memilih Saintek

1. Peluang Kerja yang Lebih Baik: Saat ini, industri teknologi sudah melampaui bidang-bidang yang biasa kita lihat. Dalam bidang Saintek, kamu akan memiliki banyak pilihan karir yang menarik, seperti ilmuwan data, ahli teknologi medis, ahli teknik sipil, ahli kimi, dan masih banyak lagi.

2. Kehidupan Lebih Mudah: Kemajuan teknologi memudahkan kita melakukan pekerjaan, seperti memudahkan dalam berbelanja online, berkomunikasi jarak jauh dengan keluarga dan teman, dan bahkan mengirimkan dokumen melalui email.

Manfaat Memilih Saintek

Memilih Saintek memberikan banyak manfaat, seperti:

  • Dapat mengembangkan kepintaran logis
  • Dapat memecahkan masalah di dunia nyata
  • Dapat menghasilkan produk atau layanan yang lebih inovatif

Soshum

Soshum adalah disiplin ilmu sosial dan humaniora. Bidang studi ini mencakup ilmu ekonomi, ilmu sosial, geografi, sejarah, dan bahasa, serta banyak lagi. Orang yang memilih Soshum akan belajar tentang budaya, kebiasaan, dan pola pikir manusia.

soshum

Apa itu Soshum?

Soshum adalah singkatan dari Sosial dan Humaniora. Dalam bidang Soshum, kamu akan mempelajari keterampilan kritis dan analitis dan bagaimana menerapkannya dalam situasi dunia nyata yang melibatkan kehidupan manusia atau masyarakat. Kamu akan belajar tentang budaya, sejarah, ekonomi, geografi, bahasa, dan lain-lain.

Mengapa Harus Memilih Soshum?

Jika kamu tertarik pada ilmu sosial dan humaniora, memilih Soshum mungkin akan menjadi pilihan yang tepat. Bidang ini menawarkan banyak pilihan karir yang menarik, seperti psikologi, jurnalistik, sejarah, atau politik. Jika kamu tertarik untuk memahami bagaimana masyarakat bekerja atau melakukan interaksinya dalam sebuah wilayah atau negara, Soshum akan membantu kamu untuk lebih memahami hal itu.

Jenis-Jenis Soshum

Bidang Soshum terdiri dari beberapa jenis ilmu, di antaranya yaitu:

  • Ilmu sejarah
  • Ilmu ekonomi
  • Ilmu politik
  • Ilmu budaya
  • Ilmu antropologi
soshum

Cara Kerja pada Soshum

Di dalam bidang Soshum, kamu akan belajar mempelajari proses belajar manusia, pola perilaku manusia, bagaimana manusia bernegosiasi dan lain-lain. Kamu juga akan belajar tentang melakukan analisis fakta, menulis laporan, dan membuat rekomendasi.

Keuntungan Memilih Soshum

1. Karir Mulai dari Pengalaman Tingkat Awal: Ada banyak kesempatan bagi lulusan Soshum untuk mendapatkan pengalaman kerja pada tingkat awal. Ini dapat membawa kamu maju di atas tangga karir yang lebih cepat.

2. Keterampilan Komunikasi yang Baik: Bidang Soshum memperkenalkan pemikiran kritis dan analitis, kemampuan untuk memecahkan masalah dan keterampilan komunikasi yang baik. Keterampilan ini sangat berguna pada hampir semua jenis karir.

Manfaat Memilih Soshum

Memilih Soshum memberikan banyak manfaat, seperti:

  • Dapat memahami perbedaan budaya dan masyarakat
  • Dapat berkomunikasi dengan lebih baik dengan orang lain
  • Dapat belajar bagaimana menjalankan sebuah perusahaan

Tentunya, memilih bidang studi ini sangatlah penting. Kamu harus benar-benar memahami pilihanmu dan memilih bidang yang sesuai dengan passionmu agar kamu tidak menyesal di kemudian hari. Memilih antara Saintek dan Soshum juga tidak perlu dipikirkan dengan tergesa-gesa. Pertimbangkan baik-baik dan pilihlah bidang yang sesuai dengan kekuatanmu. Ingatkan bahwa memilih bidang studi bukanlah segalanya untuk hidupmu, karena banyak faktor lain yang akan mempengaruhi kesuksesanmu di kemudian hari.


Posting Komentar untuk "Teknologi Pangan Saintek Atau Soshum"