Teknologi Mekanika Perkeretaapian

Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun (PPI Madiun) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang berdiri pada tahun 1984 dan diresmikan oleh Presiden RI yang saat itu dijabat oleh Bapak Soeharto. Kampus PPI Madiun memiliki tiga program studi yaitu D III Teknologi Mekanika Perkeretaapian, D III Teknologi Elektro Perkeretaapian dan D IV Teknik Perkeretaapian.

D III Teknologi Mekanika Perkeretaapian

Program studi D III Teknologi Mekanika Perkeretaapian bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai keahlian dalam perawatan, perbaikan, dan perancangan kereta api.

Foto mahasiswa PPI Madiun dari program studi Teknologi Mekanika Perkeretaapian

Apa itu Teknologi Mekanika Perkeretaapian?

Teknologi Mekanika Perkeretaapian adalah suatu ilmu tentang perancangan, pembuatan, dan perawatan dari kereta api atau moda transportasi yang menggunakan rel. Tugas seorang teknisi mekanika perkeretaapian adalah melakukan perbaikan / perawatan kereta api, memastikan kerja optimal dari komponen-komponen mesin yang ada pada kereta api, serta menemukan solusi terhadap masalah yang muncul pada saat kereta api dijalankan.

Mengapa memilih Teknologi Mekanika Perkeretaapian?

Mengapa harus memilih Teknologi Mekanika Perkeretaapian sebagai prodi di PPI Madiun? Ada beberapa alasan yang menjadikan Teknologi Mekanika Perkeretaapian sebagai pilihan yang tepat:

  1. Potensi pasar yang besar : Saat ini, pemerintah Indonesia tengah terus memperbaiki infrastruktur kereta api termasuk rel. Di sinilah Anda sebagai lulusan Teknologi Mekanika Perkeretaapian dapat memejamkan satu mata untuk menemukan lapangan kerja.
  2. Gaji yang menjanjikan : Rata-rata gaji seorang teknisi mekanikal perkeretaapian di Indonesia berkisar antara 3 - 7 juta rupiah/bulan
  3. Tantangan yang menarik: Seorang teknisi mekanikal perkeretaapian dituntut untuk selalu merasa tertantang dalam memberikan solusi terhadap kerusakan yang ada pada mesin kereta api sehingga terkadang dibutuhkan ide-ide yang unik dan kreatif dalam menyelesaikan masalah.

Jenis-jenis Teknologi Mekanika Perkeretaapian

Ada beberapa jenis Teknologi Mekanika Perkeretaapian yang bisa dipelajari di PPI Madiun:

  • Perawatan dan Perbaikan Kereta Api
  • Perancangan Mesin Kereta Api
  • Kelistrikan dan Elektronik Kereta Api

Cara Kerja Teknologi Mekanika Perkeretaapian

Setelah lulus dari Teknologi Mekanika Perkeretaapian di PPI Madiun, Anda akan memiliki beberapa kemampuan seperti:

  • Mampu melakukan perawatan mesin kereta api
  • Mampu melakukan perbaikan mesin kereta api
  • Mampu melakukan perancangan mesin kereta api

Proses pembelajaran di Teknologi Mekanika Perkeretaapian PPI Madiun melibatkan teori dasar dan praktek langsung pada kereta api. Kemampuan menguasai teknologi otomotif menjadi dasar dalam belajar Teknologi Mekanika Perkeretaapian. Selain itu, kamu akan diajarkan berbagai teknik kelistrikan, elektronika, dan teknik mesin. Dengan begitu, alumni Teknologi Mekanika Perkeretaapian di PPI Madiun sangat siap terjun di dunia industri kereta api yang tentunya membutuhkan tenaga ahli yang handal di bidang teknologi mesin dan rel.

Keuntungan Memilih Teknologi Mekanika Perkeretaapian di PPI Madiun

  1. Persiapan kursus yang relevan: Kurikulum di program Teknologi Mekanika Perkeretaapian pada PPI Madiun dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan yang dibutuhkan di lapangan kerja.
  2. Kualitas pengajaran yang baik: Setiap materi pelajaran akan diajarkan oleh dosen terbaik di bidangnya.
  3. Fasilitas kelas dan laboratorium yang lengkap: Semua mahasiswa akan diajarkan dengan menggunakan fasilitas kelas dan laboratorium yang lengkap.
  4. Networking yang luas: Selama kuliah, kamu akan bertemu dengan banyak dosen, alumni dan rekan sejawat yang akan menjadi networking pentingmu di masa depan.
  5. Keterlibatan dalam proyek: Selama kuliah kamu akan diberikan tugas proyek tiap semester, hal ini akan sangat bermanfaat sebagai bentuk pengalaman terjun luas di dunia kereta api

Manfaat Menjadi Teknisi Mekanikal Perkeretaapian

  1. Mendapatkan pengalaman lapangan yang luas
  2. Bisa bekerja di tempat yang berbeda-beda di mana kereta api berjalan
  3. Gaji yang menjanjikan
  4. Bisa mengembangkan karier menjadi mandor atau supervisor
  5. Menjadi bagian dari pembangunan infrastruktur negara

D III Teknologi Elektro Perkeretaapian

Program studi Teknologi Elektro Perkeretaapian bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai keahlian dalam merancang dan memperbaiki sistem kelistrikan pada kereta api.

Foto mahasiswa PPI Madiun dari program studi Teknologi Elektro Perkeretaapian

Apa itu Teknologi Elektro Perkeretaapian?

Teknologi Elektro Perkeretaapian adalah suatu ilmu tentang perancangan, pembuatan, dan perawatan mesin atau peralatan yang menggunakan sistem kelistrikan pada kereta api. Seorang lulusan Teknologi Elektro Perkeretaapian diperkirakan akan profesi sebagai ahli listrik pada sistem perkeretaapian.

Mengapa memilih Teknologi Elektro Perkeretaapian?

Ada beberapa alasan kenapa harus memilih Teknologi Elektro Perkeretaapian sebagai prodi di PPI Madiun:

  1. Pengetahuan tentang sistem kelistrikan yang akan meningkatkan kualifikasi: Seorang lulusan Teknologi Elektro Perkeretaapian diharapkan memilki pengetahuan tentang sistem kelistrikan yang cukup baik sehingga dapat dibawa ke lapangan kerja di masa depan
  2. Karir yang sesuai: Profesi ahli listrik pada perkeretaapian adalah salah satu profesi yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan perkerataapian baik BUMN maupun swasta.
  3. Mendapat Pengalaman yang berbeda: Seorang ahli listrik pada perkeretaapian akan mendapat pengalaman kerja yang berbeda, karena ia harus bekerja pada sistem yang mendapat tekanan dan dalam kondisi yang berbeda-beda.

Jenis-jenis Teknologi Elektro Perkeretaapian

Ada beberapa jenis Teknologi Elektro Perkeretaapian yang bisa dipelajari di PPI Madiun:

  • Kelistrikan dan Elektronika Kereta Api
  • Perawatan dan Perbaikan Elektronik Kereta Api
  • Pemeliharaan sistem sinyal

Cara Kerja Teknologi Elektro Perkeretaapian

Setelah lulus dari Teknologi Elektro Perkeretaapian di PPI Madiun, Anda akan memiliki beberapa kemampuan seperti:

  • Mampu merancang sistem kelistrikan pada kereta api
  • Mampu melakukan perawatan / perbaikan sistem kelistrikan pada kereta api
  • Mampu merancang sistem kelistrikan pada sistem sinyal kereta api

Proses pembelajaran di Teknologi Elektro Perkeretaapian PPI Madiun melibatkan teori dasar dan praktek langsung pada kereta api. Kemampuan menguasai teknologi elektronik menjadi dasar dalam belajar Teknologi Elektro Perkeretaapian. Selain itu, kamu akan diajarkan berbagai teknik kelistrikan, elektronika, dan teknik mesin. Dengan begitu, alumni Teknologi Elektro Perkeretaapian di PPI Madiun sangat siap terjun di dunia industri kereta api yang tentunya membutuhkan tenaga ahli yang handal di bidang teknologi kelistrikan dan sistem sinyal.

Keuntungan Memilih Teknologi Elektro Perkeretaapian di PPI Madiun

  1. Fasilitas kelas dan laboratorium yang lengkap: Semua mahasiswa akan diajarkan dengan menggunakan fasilitas kelas dan laboratorium yang lengkap.
  2. Kualitas pengajaran yang baik: Setiap materi pelajaran akan diajarkan oleh dosen terbaik di bidangnya.
  3. Persiapan kursus yang relevan: Kurikulum di program Teknologi Elektro Perkeretaapian pada PPI Madiun dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan yang dibutuhkan di lapangan kerja.
  4. Networking yang luas: Selama kuliah, kamu akan bertemu dengan banyak dosen, alumni dan rekan sejawat yang akan menjadi networking pentingmu di masa depan.
  5. Keterlibatan dalam proyek: Selama kuliah kamu akan diberikan tugas proyek tiap semester, hal ini akan sangat bermanfaat sebagai bentuk pengalaman terjun luas di dunia kereta api

Manfaat Menjadi Ahli Listrik pada Perkeretaapian

  1. Gaji yang menjanjikan
  2. Potensi karir yang baik
  3. Mendapatkan pengalaman lapangan yang luas
  4. Bisa bekerja di tempat yang berbeda-beda di mana kereta api berjalan
  5. Menjadi bagian dari pembangunan infrastruktur negara

Posting Komentar untuk "Teknologi Mekanika Perkeretaapian"