Teknologi Asistif Adalah

gambar-teknologi-asistif

Teknologi Asistif Adalah

Teknologi Asistif adalah sebuah teknologi yang diciptakan untuk membantu dan memfasilitasi kebutuhan dibidang kesehatan dan pendidikan bagi orang yang mengalami gangguan fisik atau kognitif. Teknologi asistif dapat membantu meningkatkan kualitas hidup seseorang dan memberikan dukungan bagi mereka yang membutuhkan. Teknologi Asistif bukanlah obat untuk menyembuhkan atau menghilangkan gangguan fisik dan kognitif, tapi teknologi ini bertujuan untuk membantu orang yang hidup dengan gangguan tersebut untuk bisa hidup lebih mandiri dan merdeka.

Implementasi Teknologi Asistif pada Sekolah Inklusi - Widya Wicara

Teknologi Asistif telah diterapkan pada Sekolah Inklusi di Indonesia. Sekolah inklusi adalah sebuah lembaga pendidikan yang memperbolehkan anak-anak dengan berbagai jenis permasalahan kesehatan, termasuk gangguan fisik dan kognitif, untuk dapat belajar bersama dengan anak-anak lain yang sehat. Implementasi teknologi asistif pada pendidikan di Sekolah Inklusi membuka peluang bagi anak-anak dengan gangguan kesehatan untuk tetap bisa belajar dan berkembang sesuai dengan potensi yang mereka miliki. Teknologi asistif juga mengurangi beban bagi guru dalam hal memberikan dukungan terhadap anak-anak yang memiliki permasalahan kesehatan.

24+ Teknologi Asistif Adalah Paling Mudah

Teknologi Asistif ada banyak jenisnya, dengan tingkat bantuannya yang berbeda-beda. Namun, sebagian besar teknologi asistif yang ada saat ini dapat dikelompokan menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah Teknologi Bantu Dengar, Teknologi Bantu Penglihatan, Alat Bantu Mobilitas, Alat Bantu Kognitif dan Teknologi Bantu Komunikasi.

Penawaran Bantuan Dana Teknologi Asistif Tahun 2021

Kementerian Sosial memberikan bantuan dana teknologi asistif bagi yang membutuhkan. Bantuan teknologi asistif yang diberikan berupa alat bantu fisik, alat bantu sensori, dan peranti lunak asistif. Bantuan ini memastikan bahwa lebih banyak orang mempunyai akses ke teknologi asistif yang dibutuhkan untuk merdeka dan mandiri.

Web Extension, Sebagai Teknologi Asistif

Web Extension dapat digunakan sebagai teknologi asistif pada platform website untuk membantu memfasilitasi kebutuhan disabled users. Teknologi asistif jenis ini dapat memberikan kesempatan bagi pengguna yang memiliki permasalahan kesehatan untuk mengakses platform internet secara maksimal. Dengan menggunakan Web Extension, para pengguna tidak perlu lagi mengalami kesulitan untuk akseskan informasi dan tugas-tugas dari internet.

Mengapa Teknologi Asistif Penting?

Teknologi Asistif sangat penting bagi orang yang mengalami gangguan kesehatan fisik atau kognitif karena dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dan memberikan dukungan bagi orang yang membutuhkan. Teknologi asistif memberikan kesempatan bagi para pengguna untuk merdeka dan mandiri. Tanpa teknologi asistif, orang yang mengalami gangguan kesehatan mungkin telah membutuhkan bantuan orang lain untuk melakukan tugas-tugas sehari-hari, seperti makan, mandi, berpakaian atau berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain.

Jenis-Jenis Teknologi Asistif

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, teknologi asistif dapat dibagi menjadi beberapa jenis dengan tingkat bantuannya yang berbeda-beda. Berikut ini merupakan jenis-jenis teknologi asistif yang umum digunakan.

Teknologi Bantu Dengar

Teknologi ini memfasilitasi kebutuhan pendengaran. Contohnya adalah alat bantu dengar yang dapat memperkuat suara dan mengurangi suara latar pengganggu bagi penggunanya. Ada juga mesin tulis suara yang dapat membantu pengguna untuk mengubah teks menjadi suara yang dapat didengar, yang bermanfaat bagi orang tua ataupun orang yang memiliki gangguan dalam pembelajaran membaca.

Teknologi Bantu Penglihatan

Teknologi ini memfasilitasi kebutuhan penglihatan. Contohnya adalah kacamata pembesar, lupa pembesar dan mesin plakat suara yang digunakan untuk membantu orang buta untuk mengakses konten di internet.

Alat Bantu Mobilitas

Teknologi ini membantu orang dengan gangguan mobilitas, seperi kursi roda, alat bantu dengan ban, dan tongkat lipat. Selain itu ada juga berbagai alat bantu untuk mengangkat barang berat atau memindahkan orang dengan gangguan mobilitas dari satu tempat ke tempat yang lain.

Alat Bantu Kognitif

Teknologi jenis ini merujuk pada alat yang dapat membantu orang dengan gangguan kognitif, seperti disleksia atau kehilangan memori. Contohnya seperti perangkat komputer yang dirancang khusus untuk membantu orang dengan disleksia dalam membaca atau mengetik. Alat bantu kognitif juga dapat membantu orang dengan gangguan memori dalam mengingat jadwal atau deadline.

Teknologi Bantu Komunikasi

Teknologi ini dirancang untuk para pengguna yang memiliki kesulitan dalam berkomunikasi atau ketidakhadiran suara. Dengan alat bantu ini, pengguna dapat berkomunikasi dengan orang lain melalui pesan teks atau suara, bahkan jika mereka tidak dapat berbicara dengan suara. Alat bantu komunikasi mencakup berbagai perangkat mulai dari papan papan pesan sederhana hingga perangkat lunak yang dirancang khusus untuk membantu orang dengan kebutuhan komunikasi yang unik.

Cara Kerja Teknologi Asistif

Cara kerja teknologi asistif bervariasi tergantung jenis teknologi yang digunakan. Namun, sebagian besar teknologi asistif bekerja dengan memaksimalkan kemampuan tubuh atau kemampuan penglihatan seseorang melalui perangkat yang dibuat khusus untuk memuluskan kebutuhan mereka. Dalam hal teknologi seperti alat bantu dengar dan alat bantu penglihatan, teknologi asistif bekerja dengan memperkuat atau memperbaiki sensasi seperti pendengaran dan penglihatan yang mungkin hilang atau berkurang pada orang yang mengalami permasalahan kesehatan, seperti gangguan penglihatan atau pendengaran.

Keuntungan Menggunakan Teknologi Asistif

Ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh oleh pengguna teknologi asistif. Salah satu keuntungan utama adalah meningkatkan kualitas hidup pengguna. Teknologi asistif membantu mereka tetap merdeka dan mandiri. Teknologi asistif juga membantu meningkatkan aksesibilitas dari tempat kerja ataupun lingkungan pendidikan. Dengan mengurangi kebutuhan akan pengawasan atau bantuan, teknologi asistif juga mampu mengurangi beban bagi penggunanya, keluarga, maupun tenaga medis.

Manfaat Penggunaan Teknologi Asistif

Manfaat penting dari penggunaan teknologi asistif salah satunya adalah orang yang mengalami gangguan kesehatan menjadi lebih mandiri dan merdeka. Tanpa bantuan teknologi asistif, kebanyakan dari mereka akan membutuhkan bantuan orang lain untuk melakukan tugas-tugas sehari-hari, seperti makan, mandi, berpakaian atau berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Selain itu, penggunaan teknologi asistif dapat membantu mengurangi biaya kesehatan, karena pengguna dapat menggunakan teknologi tersebut sebagai pengganti kegiatan fisik yang memakan biaya jika dilakukan dengan bantuan manusia.


Posting Komentar untuk "Teknologi Asistif Adalah"