Makanan Khas Surabaya Rujak Petis

Kalian pasti udah ga asing banget dengan makanan khas Surabaya yang satu ini, yaitu rujak cingur! Nah, buat kalian yang belom tahu atau ingin tahu lebih banyak tentang makanan yang satu ini, yuk langsung aja simak artikel ini!

Rujak Cingur, Apa Itu?

Rujak cingur adalah salah satu makanan khas Surabaya yang terkenal dengan cita rasanya yang unik, asin, pedas dan legit. Rujak cingur terbuat dari sayur-sayuran seperti kangkung, tauge, ketimun, nanas, dan juga daging anjing cingur yang telah direbus dan dipotong-potong kecil-kecil. Kecuali di dalam daging cingur, rujak cingur juga diberi campuran kerupuk, bawang goreng, dan sambal kacang.

Foto Rujak Cingur

Kenapa Cingur?

Sekilas terdengar sedikit menakutkan ya guys, tapi tunggu dulu, apa itu cingur? Cingur atau dalam bahasa Jawa disebut Luwak adalah rangkaian tulang pipi, mulut, dan hidung pada hewan seperti sapi dan kambing. Uniknya, pada saat dimasak, rasa daging cingur berbeda dari yang lainnya, yaitu empukdan lebih gurih, karena setiap tulang cingur memiliki lemak dan daging yang terletak diantara tulang.

Jenis-jenis Rujak Cingur

Rujak cingur memiliki berbagai jenis yang berbeda-beda. Ada rujak cingur khas Surabaya, rujak cingur khas Jawa Timur, dan bahkan terdapat rujak cingur yang berasal dari Bali yang terdiri dari bahan-bahan yang sangat berbeda-beda.

Foto Rujak Cingur

Cara Kerja Membuat Rujak Cingur

Secara umum, pembuatan rujak cingur cukup mudah. Pertama-tama, bahan-bahan seperti daging cingur, sayur-sayuran, dan kerupuk ditata rapi pada piring atau dalam mangkuk secara terpisah. Kemudian, campuran sambal kacang dan bumbu dituangkan di atas sayur-sayuran dan kerupuk. Untuk rasa yang lebih mantap, bisa tambahkan bawang goreng di atasnya.

Keuntungan Dari Rujak Cingur

Satu keuntungan besar dari makan rujak cingur adalah bahan yang digunakan sangat sehat dan murah. Hampir semua sayur-sayuran yang dipakai bisa ditemukan di pasar lokal dan daging cingur biasanya dapat ditemukan dengan harga yang sangat terjangkau. Selain itu, makanan ini juga sangat cocok sebagai sajian hidangan untuk acara keluarga karena tampilannya yang menarik dan rasa yang pedas dan asin yang disukai banyak orang.

Foto Rujak Cingur

Manfaat Dari Rujak Cingur

Kamu pasti tidak menyangka bahwa rujak cingur yang khas Surabaya ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Yup, mengkonsumsi rujak cingur secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan dan menambah energi dalam tubuh, karena sayuran yang digunakan kaya akan serat dan nutrisi. Selain itu, daging cingur merupakan sumber protein berkualitas tinggi dan kerupuk juga dikenal sebagai sumber karbohidrat sehat yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Yuk Cobain!

Demikianlah penjelasan mengenai rujak cingur. Sudah tidak sabar kan mencoba makanan khas Surabaya yang satu ini? Tak perlu jauh-jauh ke Surabaya, kalian bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah mengikuti resep yang tersedia di internet. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!.

Foto Rujak Cingur

Selamat Menikmati!


Posting Komentar untuk "Makanan Khas Surabaya Rujak Petis"