Makanan Khas Surabaya Di Bsd

Surabaya, kota metropolitan terbesar kedua setelah Jakarta, memiliki banyak hal yang menarik untuk dilihat dan dijelajahi. Namun, tak lengkap rasanya jika tak mencicipi langsung makanan khas yang ada di Surabaya. Ada banyak makanan khas yang bisa dicoba di Surabaya, mulai dari yang tradisional hingga yang modern, semuanya menghadirkan rasa yang khas dan memikat. Berikut kami sajikan beberapa di antaranya.

Makanan Khas Surabaya yang Terkenal dan Harganya Terjangkau

Salah satu makanan khas Surabaya yang terkenal adalah Rawon. Rawon adalah masakan khas Jawa Timur yang berupa sup berwarna hitam dengan kuah yang gurih dan daging. Kuah ini dibuat dari rempah-rempah seperti keluwak, kunyit, bawang putih, dan beberapa rempah lainnya. Tak hanya itu, daging sapi dan jeroan juga dijadikan bahan utama dalam masakan ini. Dipadukan dengan nasi putih yang lezat, Rawon menjadi menu yang banyak dicari oleh para pecinta kuliner.

Rawon

Selain Rawon, ada juga Rujak Cingur. Rujak Cingur adalah makanan khas Surabaya yang terkenal dan tentunya wajib dicoba. Terbuat dari beberapa jenis sayur segar seperti timun, kacang panjang, taoge, lontong, tahu, dan tempe, dijadikan satu dengan potongan daging sapi dan hidung sapi yang sudah direbus. Tak ketinggalan, bumbu rujak khas Surabaya seperti petis, gula merah, dan saus sambal juga menjadi kunci kelezatan Rujak Cingur. Rujak ini sangat populer di kalangan masyarakat Surabaya, sehingga mudah ditemukan di berbagai sudut kota.

Rujak Cingur

Makanan Khas Surabaya yang Enak dan Ngangenin

Nabemono, makanan khas Jepang, ternyata juga ada di Surabaya. Namun, tentu saja ada adaptasi lokalnya, yaitu Soto Ambengan Pak Sadi. Soto Ambengan ini sangat enak dan ngangenin karena mempunyai beberapa menu utama, antara lain sate usus, sate telur puyuh, sate ayam, sate babat, dan masih banyak lagi. Semua menu utama disajikan dengan bumbu khusus yang sangat pas dengan lidah. Jangan lupa untuk menambahkan kerupuk udang sebagai pelengkapnya.

Soto Ambengan Pak Sadi

Tak kalah enaknya, coba juga Mie Kudusan di Mie Kepiting Aunty Banny. Mie Kudusan ini merupakan mie yang disajikan dengan kuah bening yang nikmat dan diberi isian kudapan kepiting yang begitu gurih. Siraman kecap asin dan potongan daun bawang menjadikan rasanya benar-benar nikmat. Mie Kepiting Aunty Banny juga menawarkan banyak pilihan menu lainnya seperti Mie Pangsit, Nasi Goreng, dan masih banyak lagi.

Mie Kepiting Aunty Banny

20 Makanan Khas Surabaya Jawa Timur yang Enak Untuk Oleh Oleh

Tak lengkap rasanya jika mengunjungi Surabaya tanpa membawa oleh-oleh khas dari kota tersebut. Berikut beberapa makanan khas Surabaya yang enak dan cocok untuk oleh-oleh:

1. Keripik Tempe

2. Brem

3. Bika Ambon

4. Lapis Legit

5. Kue Cubit

6. Lontong Balap

7. Lanting

8. Siomay Surabaya

9. Jangan Boros

10. Bakkwa

11. Selai Nenas

12. Roti Buaya

13. Empal Gentong

14. Rujak Jangkrik

15. Putu Brownies

16. Tape Ketan Hitam

17. Bluder Cake

18. Bongko Kopyor

19. Moussaka

20. Otak-Otak Surabaya

Contoh Makanan Fungsional Khas Daerah

Salah satu makanan fungsional khas daerah adalah Tape Ketan Hitam. Tape Ketan Hitam adalah makanan khas asal Jawa Timur yang sering dijadikan oleh-oleh. Biasanya Tape Ketan Hitam memiliki rasa yang manis dan tekstur yang kenyal. Makanan ini dikenal sebagai makanan yang tinggi serat, magnesium, dan menyeimbangkan kadar gula darah.

Tape Ketan Hitam

Selain Tape Ketan Hitam, masih banyak makanan fungsional khas daerah lainnya, seperti Emping, Keripik Pisang, dan Kacang Atom. Emping, keripik dari biji melinjo, memiliki serat dan protein yang tinggi. Sedangkan Keripik Pisang, keripik dari pisang, mengandung zat besi dan kalium yang tinggi. Kacang Atom, kacang-kacangan yang diolah menjadi camilan, mengandung protein dan vitamin tinggi seperti thiamin dan asam folat.

Keuntungan dan Manfaat Makanan Khas Surabaya

Makanan khas Surabaya memiliki banyak keuntungan dan manfaat, di antaranya:

1. Kandungan gizi yang seimbang: Makanan khas Surabaya dibuat dengan bahan-bahan yang seimbang dan memberikan kebutuhan gizi yang cukup untuk tubuh.

2. Kaya akan rempah-rempah: Rempah-rempah yang digunakan dalam memasak makanan khas Surabaya tidak hanya memberikan rasa yang lezat, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan, seperti memberikan efek anti-inflamasi dan pengurangan risiko penyakit jantung.

3. Khasiat kesehatan: Banyak makanan khas Surabaya yang mengandung bahan-bahan yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti protein, serat, zat besi, dan magnesium.

4. Banyak yang cocok untuk oleh-oleh: Makanan khas Surabaya banyak dijadikan oleh-oleh karena daya tahan yang lama dan penampilan yang menarik.

5. Menunjang wisata kuliner: Wisata kuliner di Surabaya semakin berkembang karena banyaknya makanan khas Surabaya yang lezat dan menggugah selera.

Demikianlah beberapa makanan khas Surabaya yang enak dan layak untuk dicoba. Mulai dari yang tradisional hingga yang modern, semuanya menghadirkan rasa yang khas dan memikat. Nikmati kuliner khas Surabaya yang begitu beragam dengan cara yang terbaik: mampir ke rumah makan atau mencoba olahan makanan khas Surabaya sendiri di rumah. Selamat menikmati!


Posting Komentar untuk "Makanan Khas Surabaya Di Bsd"