Kuliner Surabaya Arab

Ciee udah pada datang ke Surabaya ya? Pasti kalian udah nyobain kuliner-kuliner legendarisnya kan? Kalo belum, jangan khawatir geng, aku punya list 28 kuliner khas Surabaya yang legendaris dan murah meriah buat kalian cobain!

Nasi Empal Pengampon

Nasi Empal Pengampon

Apa itu Nasi Empal Pengampon? Nah geng, nasi empal pengampon ini sebenarnya cuma nasi yang dihidangkan dengan empal yang sudah dibumbui dan direbus, lalu disajikan dengan irisan mentimun dan sambal yang pedas di atas daun pisang. Nama pengampon sendiri berasal dari nama daerah di Surabaya yang menjadi asal usul kuliner ini.

Mengapa harus cobain Nasi Empal Pengampon? Pasti udah pada ngerasa kan kalo empal itu dagingnya empuk banget? Nah, kuliner yang satu ini bisa membuat kalian ketagihan geng. Apalagi kalo kalian suka pedas, tambahan sambal di atasnya akan menambah cita rasa yang menggugah selera.

Jenis-jenis Nasi Empal Pengampon. Sebenarnya kuliner ini punya variasi beragam, ada nasi empal ayam, nasi empal sapi dan masih banyak lagi. Namun, yang paling populer jelas empal sapi dan empal ayamnya.

Cara kerja pembuatan Nasi Empal Pengampon. Daging empal direbus dengan bumbu rempah-rempah hingga empuk, lalu disajikan dengan nasi putih, irisan mentimun, dan sambal yang pedas. Dibungkus dengan daun pisang dan siap disajikan.

Keuntungan dari Nasi Empal Pengampon. Selain rasanya yang enak dan pedas, harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau.

Manfaat dari Nasi Empal Pengampon. Hmm.. mungkin bisa bikin kalian tambah asyik saat makan siang atau makan malam, geng.

Sego Sambel Mak Yeye

Sego Sambel Mak Yeye

Apa itu Sego Sambel Mak Yeye? Salah satu kuliner legendaris ini berasal dari Kediri, yang saat ini sudah memiliki banyak cabang di Surabaya. Kuliner yang satu ini merupakan nasi putih dengan lauk sambal khas Kediri, kemudian ditambahkan sayuran seperti kangkung atau selada.

Mengapa harus cobain Sego Sambel Mak Yeye? Kombinasi nasi putih yang gurih dengan sambal khas Kediri yang pedasnya pas tentu akan membuat kamu ketagihan. Apalagi kalo ditambahkan dengan sayuran segar seperti kangkung atau selada, jangan heran kalo kamu bakal nambah nasi berkali-kali.

Jenis-jenis Sego Sambel Mak Yeye. Selain dengan sayuran kangkung atau selada, Sego Sambel Mak Yeye juga cocok disantap dengan ayam atau tempe goreng.

Cara kerja pembuatan Sego Sambel Mak Yeye. Sambal yang khas adalah kunci dari kuliner ini. Setelah beras matang, tambahkan lauk sambal khas Kediri dan sayuran segar. Nasi dengan jenis ayam atau tempe goreng ditambahkan sesuai dengan selera Anda.

Keuntungan dari Sego Sambel Mak Yeye. Harganya terjangkau, bahkan bisa senilai dengan uang jajanmu geng.

Manfaat dari Sego Sambel Mak Yeye. Diantaranya akan membuat perut kamu kenyang, dan kalo kamu seorang "pencinta pedas", makanan yang satu ini tentu bisa membuat kamu cepat berkeringat ya geng.

Lontong Balap Pak Gendut

Lontong Balap Pak Gendut

Apa itu Lontong Balap Pak Gendut? Dalam bahasa Jawa "balap" berarti lomba, sementara "gendut" sendiri itu artinya adalah gemuk. Jadi, secara harfiah, kuliner ini adalah lontong yang "lomba" dengan berbagai macam lauk pauk dan dengan saus kacang sebagai topping. Nama "pak gendut" sendiri berasal dari penjual lontong balap yang, emang, gendut banget.

Mengapa harus cobain Lontong Balap Pak Gendut? Hmm.. rasanya yang gurih dengan saus kacang yang kental, dicampur dengan kerupuk udang, sayuran, dan daging asap dijamin kamu bakalan ketagihan. Belum lagi, penjualnya yang heboh dan kocak jadi saja bisa jadi penghibur hati kalian.

Jenis-jenis Lontong Balap Pak Gendut. Ada lontong isi udang, lontong isi tempe, dan masih banyak lagi variasi yang bisa kamu coba.

Cara kerja pembuatan Lontong Balap Pak Gendut. Lontong dimasak hingga matang, kemudian diiris-iris dan disajikan dengan berbagai macam lauk pauk dan saus kacang pelengkap. Jangan lupa tambahan sedikit kerupuk udang yang renyah.

Keuntungan dari Lontong Balap Pak Gendut. Rasanya yang enak dan harganya yang sangat murah.

Manfaat dari Lontong Balap Pak Gendut. Hmm.. mungkin bisa bikin kamu semangat ngabuburit sebelum terbenamnya matahari ya geng.

Rujak Cingur

Rujak Cingur

Apa itu Rujak Cingur? Kuliner yang satu ini sebenarnya terdiri dari irisan buah dan sayur yang diracik dengan saus petis, kacang tanah, gula jawa dan jeruk nipis. Namun, yang membuatnya berbeda adalah isi cingur, yaitu irisan dari hidung sapi yang sudah diproses dengan bumbu rempah-rempah tertentu.

Mengapa harus cobain Rujak Cingur? Hmmm.. tentu saja karena rasanya yang unik dan enak. Cingur mempunyai kandungan kolagen dan protein yang sangat tinggi sehingga baik untuk kulit dan kesehatan rambut. Selain itu, saus petis yang khas juga menambah ekstra cita rasa.

Jenis-jenis Rujak Cingur. Ada yang menjual rujak cingur dengan tambahan kerupuk udang, dan ada juga yang menambahkan irisan tahu goreng atau tempe. Semua bisa kamu pilih sesuai dengan selera dan budgetmu.

Cara kerja pembuatan Rujak Cingur. Buah dan sayuran dicuci bersih lalu diiris tipis-tipis. Cingur direbus dengan bumbu rempah-rempah hingga empuk. Saus petis kemudian ditambahkan dengan kacang, gula jawa dan jeruk nipis. Ini semua diracik menjadi satu dan siap dinikmati.

Keuntungan dari Rujak Cingur. Harganya yang sangat terjangkau.

Manfaat dari Rujak Cingur. Hmm.. tentu saja selain rasanya yang enak, cingurnya yang mempunyai kandungan kolagen dan protein yang baik untuk kulit dan rambut.

Coto Makassar Bu Rudy

Coto Makassar Bu Rudy

Apa itu Coto Makassar Bu Rudy? Kuliner ini berasal dari Sulawesi Selatan. Coto Makassar terdiri dari perpaduan daging kalding (kambing) yang sudah dimasak hingga empuk, organ-organ kambing, dan bumbu yang kaya berupa rempah dan kacang. Biasanya disajikan dengan ketupat dan koya (bumbu kacang yang digoreng bersama rempah-rempah).

Mengapa harus cobain Coto Makassar Bu Rudy? Untuk kamu yang suka pedas, cobalah coto makassar ini. Kuahnya yang kental dan pedas dipadukan dengan isian daging kambing yang gurih dan empuk akan membuat makanmu terasa berbeda. Jangan lupa tambahkan ketupat dan koya saat menyantapnya untuk menikmati sensasi kuliner ala Sulawesi Selatan.

Jenis-jenis Coto Makassar. Ada yang memakai isi daging sapi, ada juga yang menggunakan isian kikil sapi.

Cara kerja pembuatan Coto Makassar Bu Rudy. Daging kambing dimasak hingga empuk dengan bumbu halus dan kacang. Dicampur dengan organ-organ kambing, kemudian sajikan dengan tambahan ketupat dan koya. Ini semua diracik menjadi satu dan siap dinikmati.

Keuntungan dari Coto Makassar Bu Rudy. Rasanya yang unik dan harga yang terjangkau.

Manfaat dari Coto Makassar. Makanan yang satu ini juga sama halnya seperti makanan yang berasal dari daging, cuko yang dibuat dari kulit kambing kaya akan kandungan kolagen dan baik untuk kesehatan skin care mu. Wowww!

Tahu Telur Pak Ali

Tahu Telur Pak Ali

Apa itu Tahu Telur Pak Ali? Kuliner yang satu ini terdiri dari tahu yang digoreng hingga kecoklatan dengan telur dadar di atasnya, kemudian diberi saus sambal dan kecap manis. Topping yang sering digunakan adalah kacang tanah goreng, bawang putih goreng dan seledri. Tiap penjual biasanya punya varian topping berbeda-beda, dan kalian bebas memilih topping yang kalian sukai.

Mengapa harus cobain Tahu Telur Pak Ali? Tahu digoreng dengan sempurna hingga renyah dan gurih di luar, namun tetap lembut di dalam. Sementara telur dadar yang empuk ditaburi dengan topping yang cukup menyehatkan. Cocok banget untuk teman ngobrol sambil mencicipi kuliner legendaris dari Surabaya ini.

Jenis-jenis Tahu Telur. Ada yang menyajikan dengan daging sapi, ada juga yang dengan seafood seperti cumi atau udang.

Cara kerja pembuatan Tahu Telur Pak Ali. Tahu digoreng hingga kecoklatan, telur dadar dibuat terpisah kemudian digulung di atas tahu. Kemudian disiram dengan saus sambal dan kecap manis, lalu diberi tambahan topping kacang tanah goreng, bawang putih goreng dan seledri.

Keuntungan dari Tahu Telur Pak Ali. Harganya sangat terjangkau, cocok untuk jadi pilihan sajian saat berkumpul bersama teman atau keluarga.

Manfaat dari Tahu Telur. Nutrisi yang terkandung dalam tahu sangat baik untuk kesehatan Anda, di samping protein yang tinggi, tahu juga mengandung triptofan yang bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan serta memperbaiki suasana hati.

Sate Klopo Ondomohen

Sate Klopo Ondomohen

Apa itu Sate Klopo Ondomohen? Sate Klopo Ondomohen adalah sate ayam atau kambing yang dibumbui dengan rempah-rempah khas, kemudian dilumuri dengan kelapa parut sebelum dimasak dengan cara dipanggang. Itulah sebabnya dinamainya sate klopo karena menggunakan kelapa parut.

Mengapa harus cobain Sate Klopo Ondomohen? Sate klopo ini akan membuat kamu ketagihan, geng. Bumbunya yang meresap pada daging akan memberikan sensasi yang berbeda dalam makan sate, ditambah lagi sensasi paduannya dengan kelapa parut yang meleleh di atas sate tersebut.

Jenis-jenis Sate Klopo Ondomohen. Ada yang menggunakan bumbu rempah-rempah khas, ada juga yang menggunakan saus kacang atau sambal sebagai pelengkapnya.

Cara kerja pembuatan Sate Klopo Ondomohen. Ayam atau kambing yang sudah dipotong kecil-kecil dimasak dengan bumbu rempah-rempah. Sate tersebut kemudian digulung kelapa parut agar bumbunya meresap, dan dipanggang di atas arang hingga matang. Ini semua diracik menjadi satu dan siap dinikmati.

Keuntungan dari Sate Klopo Ondomohen. Rasanya yang enak dan harga yang terjangkau. Gak bakal nyesel deh kalo cobain sate yang satu ini.

Manfaat dari Sate Klopo Ondomohen. Hmm.. mungkin bisa bikin acara ngobrol santai kamu menjadi lebih menarik lagi, geng.

Rawon Setan

Rawon Setan

Apa itu Rawon Setan? Rawon Setan sebenarnya kurang lebih sama dengan rawon pada umumnya yang merupakan masakan berkuah dengan b

Posting Komentar untuk "Kuliner Surabaya Arab"