Teknologi Wan Adalah

Banyak bisnis dan organisasi di seluruh dunia mengandalkan jaringan WAN atau Wide Area Network untuk menghubungkan lokasi mereka dengan cara yang cepat dan efisien. WAN membantu organisasi mempertahankan koneksi antara kantor pusat mereka dengan lokasi remote atau cabang, sehingga memungkinkan penyedia layanan untuk mengirimkan data dan sumber daya secara efektif.

Pengertian Jaringan WAN

Jaringan WAN adalah jenis jaringan yang menghubungkan perangkat di area geografis yang luas, seperti antara kantor pusat dan cabang-cabang, kampus universitas, atau bahkan kota atau negara yang berbeda. Jaringan ini biasanya mencakup lebih dari satu jenis media, seperti telepon, satelit, dan koneksi internet. Jaringan WAN memfasilitasi transfer data dan informasi antara satu mesin ke mesin yang lain, membentuk ruang iteroperabilitas yang memungkinkan akses ke sumber daya dan data dari lokasi yang jauh.

Jenis-jenis Jaringan WAN

Terdapat beberapa jenis jaringan WAN, antara lain:

  1. Jaringan Area Metropolitan (MAN): Jenis jaringan WAN terbatas pada area yang terjangkau oleh sinyal radio atau kabel optik tertentu. Digunakan di kampus universitas atau kompleks kantor yang membutuhkan konektivitas yang terbatas di dalam area yang luas.
  2. Jaringan Area Lokal (LAN):Jaringan LAN terjadi pada area kecil seperti di satu kantor atau satu gedung. LAN biasanya dihubungkan melalui kabel dan peralatan jaringan yang mirip seperti switch dan router.
  3. Multiprotocol Label Switching (MPLS):Jaringan MPLS mengizinkan beberapa jenis sumber daya untuk dikirim melalui koneksi yang sama, sistem ini terus berkembang hingga menjadi metode yang lebih efektif dalam memori serta komunikasi.
  4. Satellite WAN (SWAN): Budaya satelit SWAN sering digunakan oleh perusahaan yang memiliki cabang di daerah-daerah yang terpencil atau tidak mudah dijangkau oleh teknologi lainnya. Jenis jaringan ini memanfaatkan antena satelit untuk mengirimkan data dan informasi antara beberapa lokasi.
  5. Virtual Private Network (VPN): VPN adalah cara yang efektif dalam mengirimkan data melalui internet dan koneksi publik. VPN menyembunyikan data yang dikirim dengan menggunakan kunci enkripsi sebelum sampai ke tujuan akhir.

Cara Kerja Jaringan WAN

Setiap jaringan WAN mirip dengan jaringan LAN, namun dengan lebih banyak perangkat dan media yang diperlukan untuk mencapai konektivitas. Sebuah jaringan WAN membutuhkan koneksi antara tempat-tempat yang berbeda, seperti perusahaan dan cabang-cabang dan menghubungkan setiap mesin di area yang luas, meski berada di tempat yang jauh.

Jaringan WAN biasanya menggunakan tiga jenis pemrosesan data:

  1. Pemrosesan paket:Ini melibatkan mengelompokkan data menjadi paket-paket kecil untuk tujuan pengiriman dan penerimaan.
  2. Pemrosesan sinyal:Ini melibatkan pengolahan sinyal yang dihasilkan oleh kabel atau media lain.
  3. Pemrosesan routing: Ini melibatkan pengiriman paket melalui jaringan menggunakan perangkat jaringan seperti router atau switch.

Keuntungan Jaringan WAN

Banyaknya keuntungan dari penggunaan jaringan WAN, beberapa diantaranya meliputi:

  1. Sharing Resources: Cabang yang terhubung dapat memanfaatkan sumber daya yang terdapat di kantor pusat termasuk teknologi, perangkat lunak, data, dan sumber daya lainnya.
  2. Bekerja Secara Virtual: Karyawan dan anggota tim dapat bekerja secara virtual dengan akses ke data dan sumber daya dari lokasi manapun.
  3. Peningkatan Kebijakan: Perusahaan dapat mengimplementasikan kebijakan dan prosedur yang sama untuk semua cabang.
  4. Kemudahan Administrasi: Dalam jaringan WAN, perangkat di cabang-cabang dapat diatur dan dikelola dari lokasi pusat.

Manfaat Jaringan WAN

Terkait dengan keuntungan, terdapat beberapa fitur yang membuat jaringan WAN banyak digunakan:

  1. Konektivitas: Dapat menghubungkan sumber daya, data dan informasi antar cabang menggunakan media yang beragam, memungkinkan bisnis untuk mengirimkan dan menerima data dengan efektif dan efisien.
  2. Skalabilitas: Dapat diperluas atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan organisasi. Jaringan WAN bisa dipantau dan dikontrolkan central untuk memastikan bahwa sumber daya termanajemen secara efektif.
  3. Keandalan: Jaringan WAN dapat dirancang untuk mengakomodasi gangguan, sehingga membantu mencegah downtime dan untuk mempercepat pemulihan jika terjadi kejadian. Ini menjaga bisnis tetap berjalan dengan efisien.
  4. Selalu Aktif: Jaringan WAN yang terorganisir dengan baik akan selalu aktif, sampai ada gangguan yang sangat besar, yang sangat jarang terjadi. Karena sifat WAN, jaringan ini biasanya bekerja tanpa gangguan, hanya saja mengalami sedikit penundaan.

Kesimpulan

Jaringan WAN memiliki peran penting dalam pengelolaan koneksi antara lokasi yang jauh. Jenis jaringan ini memungkinkan akses ke data dan sumber daya dari lokasi yang jauh, memudahkan bekerja secara virtual, dan menyediakan cara untuk mengatur dan mengelola sumber daya dari lokasi yang jauh. Dalam investasi terhadap jaringan WAN, organisasi akan memperoleh keuntungan tersendiri, seperti sharing resources, kemudahan administrasi, kemudahan untuk bekerja secara virtual, dan dapat mengimplementasikan kebijakan dan prosedur yang sama dalam seluruh cabang-cabang organisasi. Keuntungan ini akan menjadi suatu investasi untuk membuat jaringan WAN lebih cepat, terpercaya, dan ramah pengguna.


Posting Komentar untuk "Teknologi Wan Adalah"