Rekayasa Genetika Contoh Bioteknologi

Tulisan ini bakal bahas tentang Rekayasa Genetika, hal serius yang mungkin bikin kamu rewel tapi kami hadirkan dengan bahasa yang lucu biar kamu ga bosen. Yuk, langsung aja kita mulai!

Contoh Bioteknologi Modern Rekayasa Genetika

Ini dia nih yang lagi heboh di dunia ilmu pengetahuan, rekayasa genetika. Tapi serius, kamu nggak tertarik sama gambar di atas? Coba deh bayangin kita bisa merekayasa gen kita biar jadi lebih keren. Misalnya, kita bisa bikin gen mata biru jadi lebih dominan atau biar kita bisa keluar rumah tanpa harus pakai sunblock.

Gambar Rekayasa Genetika

Tapi, apa sih itu Rekayasa Genetika? Kok bisa mendapatkan hasil seperti di atas? Apa jenis-jenisnya dan bagaimana cara kerjanya? Simak ulasan berikut ini!

Apa itu Rekayasa Genetika?

Rekayasa Genetika adalah teknik manipulasi materi genetik makhluk hidup secara sengaja oleh manusia. Dalam kata-kata sederhana, manusia mencoba "mengedit" gen dari suatu makhluk hidup untuk mendapatkan sifat yang diinginkan.

Hal ini dilakukan dengan cara memotong DNA atau RNA, pindahkannya ke dalam sel lain, atau menghapus atau menambah DNA ke dalam genom. Terus kenapa hal ini bisa dilakukan, sih? Kita bakal bahas satu-satu, jangan nggak sabar ya!

Kenapa Rekayasa Genetika Bisa Dilakukan?

Salah satu alasan mengapa orang-orang tertarik untuk melakukan rekayasa genetika adalah untuk menghasilkan tanaman yang lebih tahan terhadap herbisida, hama, atau penyakit. Tentunya, hal ini akan membantu para petani untuk meningkatkan produktivitas tanaman mereka tanpa takut gagal panen.

Jangan salah, rekayasa genetika juga dipakai dalam bidang medis. Beberapa obat-obatan penting misalnya insulin dan hormon pertumbuhan, dihasilkan melalui teknologi rekayasa genetika. Selain itu, rekayasa genetika juga dipakai dalam bidang kesehatan untuk menemukan obat-obatan baru, antivirus, dan vaksin.

Jenis-jenis Rekayasa Genetika

Bagi yang penasaran jenis-jenis rekayasa genetika ada beberapa nih:

  • Rekayasa Genetika Makhluk Hidup
  • Rekayasa Genetika Hewan dan Tanaman
  • Rekayasa Genetika Mikroba
  • Rekayasa Genetika Manusia

Bagaimana Cara Kerja Rekayasa Genetika?

Cara kerja rekayasa genetika ini terbilang kompleks, tapi kan kita harus ngerti hehe. Nih, kita jabarin point-pointnya:

  • Penentuan Gen yang Akan Dirubah
     Sebelum melakukan rekayasa genetika, terlebih dahulu ditentukan gen yang akan dirubah dalam suatu hewan, tanaman, atau mikroba.
  • Penyisipan Gen Baru
     Setelah gen yang akan dirubah ditentukan, langkah selanjutnya adalah memasukan gen baru ke dalam makhluk hidup target sehingga gen yang tidak diinginkan dapat dihapus atau digantikan dengan gen yang diinginkan.
  • Transformasi Makhluk Hidup
     Setelah gen yang diinginkan disisipkan ke dalam hewan, tanaman, atau mikroba, selanjutnya adalah untuk melakukan transformasi makhluk hidup tersebut sehingga gen yang baru disisipkan dapat aktif dan berfungsi dengan baik.

Keuntungan dan Manfaat Rekayasa Genetika

Rekayasa genetika memungkinkan kita untuk memanipulasi secara sengaja gen pada makhluk hidup. Dan tentunya, hal ini punya keuntungan dan manfaat yang bagus buat kita semua. Apa aja, sih?

  • Menghasilkan Tanaman yang Lebih Tahan terhadap Hama dan Penyakit
     Tanaman yang tahan terhadap hama dan penyakit akan membantu meningkatkan produktivitas pertanian. Hal ini tentunya akan menghasilkan hasil panen yang lebih optimal dan efisien.
  • Menghasilkan Obat Baru
     Rekayasa genetika difokuskan pada pengembangan obat-obatan baru yang dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit manusia seperti kanker dan Alzheimer.
  • Membantu Mendapatkan Nutrisi yang Lebih Baik
     Rekayasa genetika juga dapat membantu menambah nutrisi penting pada makanan kita seperti protein, vitamin, dan serat.

Gimana, setelah membaca tulisan ini apakah kamu masih merasa takut atau justru jadi lebih penasaran tentang rekayasa genetika? Yang jelas sekarang kamu tahu apa itu rekayasa genetika, kenapa bisa dilakukan, jenis-jenisnya, cara kerjanya, serta manfaatnya. Ngomong-ngomong, apakah kamu tertarik mencoba merekayasa genetika pada diri sendiri? Hahaha, just kidding.


Posting Komentar untuk "Rekayasa Genetika Contoh Bioteknologi"