Makanan Surabaya Viral

Pada tahun 2019, Indonesia dipenuhi dengan berbagai makanan yang viral di berbagai sosial media. Mulai dari makanan yang unik dan menggelegar hingga makanan yang begitu lezat dan memikat hati. Dan pada tahun 2021 ini, makanan khas Surabaya menjadi sorotan setelah berhasil meningkatkan popularitasnya di berbagai kalangan masyarakat. Berikut beberapa daftar makanan khas Surabaya yang terkenal dan enak yang pastinya bisa membuat perutmu terus menggeliat.

1. Lontong Balap

Lontong Balap adalah salah satu makanan khas Surabaya yang begitu terkenal dan sudah dikenal oleh banyak orang dari berbagai daerah di Indonesia. Lontong Balap ini disajikan dalam sebuah piring besar dengan seporsi lontong, tauge, potongan daging, lentho, dan kerupuk udang yang disiram dengan kuah kaldu kacang yang pekat. Rasanya yang gurih dan pedas membuat Lontong Balap menjadi salah satu pilihan makanan yang unik untuk dicoba.

Lontong Balap
Lontong Balap

Apa itu Lontong Balap?

Lontong Balap adalah makanan khas Surabaya yang terdiri dari seporsi lontong, tauge, potongan daging, lentho, dan kerupuk udang yang disiram dengan kuah kaldu kacang yang pekat.

Mengapa Lontong Balap menjadi populer?

Lontong Balap menjadi populer karena rasa kuah kacang yang gurih dan pedas dengan campuran lentho yang garing, kerupuk udang yang renyah, dan tauge yang segar. Selain itu, Lontong Balap juga memberikan rasa yang unik yang sulit ditemukan pada jenis makanan lainnya.

Jenis-jenis Lontong Balap

Meskipun Lontong Balap ini sudah sangat terkenal, namun beberapa daerah seperti Manado dan Jakarta juga memiliki varian dari Lontong Balap ini. Namun, tetap saja Lontong Balap yang asli harus disajikan dengan bumbu kacang yang pekat dan lentho yang garing serta kerupuk udang yang renyah.

Cara Kerja membuat Lontong Balap

Untuk membuat Lontong Balap, pertama-tama kita harus memiliki bahan-bahan seperti lontong, tauge, potongan daging, lentho, dan kerupuk udang. Kemudian buatlah kuah kacang dengan cara menumis bumbu halus selama beberapa menit hingga aroma bumbu tercium. Setelah itu, masukan air dan tunggu hingga mendidih lalu tambahkan bahan-bahan yang sudah diprepare sebelumnya, lontong, tauge, potongan daging, lentho, dan kerupuk udang. Sajikan dalam piring dan Lontong Balap pun siap disajikan.

Keuntungan Makan Lontong Balap

Lontong Balap mengandung beberapa keuntungan bagi kesehatan tubuh, seperti: 1. Sumber karbohidrat yang cukup untuk kegiatan sehari-hari. 2. Tauge di dalamnya dapat membantu menambah serat dalam tubuh sehingga pencernaan menjadi lancar. 3. Kacang-kacangan yang terdapat pada bumbu kacang yang digunakan untuk menyiram Lontong Balap mengandung protein yang sangat baik untuk kesehatan otot dan pembentukan sel baru di dalam tubuh.

Manfaat Makan Lontong Balap

Selain keuntungan yang didapatkan dari Lontong Balap, makanan ini juga memiliki manfaat yang sangat berguna untuk tubuh, seperti: 1. Makanan yang mengandung serat yang cukup sehingga membantu melancarkan pencernaan. 2. Kandungan protein pada Lontong Balap dapat membantu membentuk sel baru pada tubuh dan meningkatkan stamina tubuh. 3. Makanan yang cukup untuk diberikan kepada anak-anak.

2. Rujak Cingur

Makanan khas Surabaya selanjutnya adalah Rujak Cingur. Rujak Cingur terdiri dari bahan-bahan seperti cingur, irisan ketimun, mangga, nanas, lontong, dan disiram oleh bumbu rujak pada umumnya. Rujak ini memiliki rasa yang unik dan sedikit pedas sehingga paling sering disajikan dengan minuman segar seperti kelapa muda atau jeruk nipis.

Rujak Cingur
Rujak Cingur

Apa itu Rujak Cingur?

Rujak Cingur adalah makanan khas Surabaya yang terdiri dari bahan-bahan seperti cingur, irisan ketimun, mangga, nanas, lontong, dan disiram oleh bumbu rujak pada umumnya. Rujak ini memiliki rasa yang unik dan sedikit pedas sehingga paling sering disajikan dengan minuman segar seperti kelapa muda atau jeruk nipis.

Mengapa Rujak Cingur menjadi populer?

Rujak Cingur menjadi populer karena memiliki rasa yang unik dan cukup berbeda dengan jenis makanan lainnya. Selain itu, Rujak Cingur juga memiliki kandungan yang cukup banyak sehingga cocok untuk dikonsumsi dalam berbagai kegiatan, seperti berbelanja atau sekedar nongkrong bersama teman-teman.

Jenis-jenis Rujak Cingur

Rujak Cingur memiliki beberapa jenis yang cukup terkenal, seperti Cingur Wong, yang dijual di warung-warung manapun di Surabaya atau Rujak Cingur Khas Surabaya, yang hanya bisa dinikmati di sejumlah tempat makan tertentu. Namun, tetap saja ketahuilah bahan-bahan utama yang harus ada pada Rujak Cingur yang sesungguhnya, yaitu cingur dan sambal yang pekat dan pedas.

Cara Kerja membuat Rujak Cingur

Untuk membuat Rujak Cingur, pertama-tama siapkan bahan seperti cingur, ketimun, mangga, nanas, dan lontong. Kemudian potong semua bahan dan sisihkan terlebih dahulu. Lalu, buatlah bumbu rujak dengan cara menjadikan buah asam sebagai bahan dasarnya, tambahkan gula dan garam hingga terasa seimbang. Setelah itu, sisirkanlah semua bahan pada piring atau mangkuk saji, tambahkan bumbu rujak yang sudah dibuat, dan Rujak Cingur siap disajikan.

Keuntungan Makan Rujak Cingur

Rujak Cingur memiliki beberapa keuntungan bagi kesehatan tubuh, seperti: 1. Sumber serat yang cukup bagi tubuh sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan. 2. Hanya terdiri dari bahan-bahan yang organik sehingga aman untuk dikonsumsi. 3. Kandungan gula yang dapat menghasilkan energi untuk tubuh.

Manfaat Makan Rujak Cingur

Rujak Cingur memiliki beberapa manfaat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti: 1. Membantu dalam memenuhi kebutuhan serat pada tubuh yang penting untuk melancarkan pencernaan. 2. Mampu meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan buah-buahan yang ada pada Rujak Cingur. 3. Lebih sehat karena hanya dibuat dari bahan-bahan yang alami dan segar.

3. Rawon

Rawon juga menjadi salah satu makanan khas Surabaya yang terkenal dan enak. Rawon terdiri dari daging sapi hingga bagian kikil, disajikan dengan mie atau lontong, dan disiram dengan kuah Rawon yang kental. Agar lebih nikmat lagi, Rawon juga biasanya dihidangkan dengan daun bawang, tauge, dan sambal. Rasanya yang khas dan gurih membuat Rawon menjadi salah satu makanan khas Surabaya yang paling disukai oleh warga Surabaya dan sekitarnya.

Rawon
Rawon

Apa itu Rawon?

Rawon adalah makanan khas Surabaya yang terdiri dari daging sapi hingga bagian kikil, disajikan dengan mie atau lontong, dan disiram dengan kuah Rawon yang kental. Agar lebih nikmat lagi, Rawon juga biasanya dihidangkan dengan daun bawang, tauge, dan sambal.

Mengapa Rawon menjadi populer?

Rawon menjadi populer karena memiliki rasa yang gurih dan khas. Selain itu, kelezatan Rawon juga semakin diperkaya dengan daging yang gemuk dan gurih. Daging sapi khas Surabaya, seperti bagian kikil yang memiliki tekstur lembut juga membuat Rawon lebih nikmat lagi.

Jenis-jenis Rawon

Rawon memiliki beberapa jenis yang cukup enak, seperti Rawon Kalkulator, Rawon Kidang, dan Rawon Jenuh. Namun, tetap saja dalam membuat Rawon ini harus tetap menggunakan bahan-bahan yang berkualitas agar hasilnya juga maksimal.

Cara Kerja membuat Rawon

Untuk membuat Rawon, bahan-bahan yang harus disiapkan adalah daging sapi, bumbu halus seperti bawang, jahe, kunyit, cabai, dan ketumbar. Kemudian tumis semua bahan tersebut hingga tercium aroma yang wangi dan bumbu meresap ke dalam daging sapi. Setelah itu, masukan air hingga daging sapi terendam, tambahkan garam dan masukan ke dalam panci hingga mendidih. Jika sudah mendidih, tambahkan kuah Rawon yang pekat dan mie atau lontong yang sudah disiapkan sebelumnya, jangan lupa hidangkan dengan daun bawang, tauge, dan sambal sebagai tambahan rasa.

Keuntungan Makan Rawon

Rawon memiliki beberapa keuntungan bagi kesehatan tubuh, seperti: 1. Sumber protein yang cukup dan dapat membantu membangun otot. 2. Daging sapi kaya akan zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh. 3. Kandungan bumbu alami yang dipakai pada Rawon membantu menguatkan daya tahan tubuh dan mengurangi resiko terkena serangan penyakit.

Manfaat Makan Rawon

Rawon memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, antara lain: 1. Sumber protein yang cukup bagi tubuh sehingga membantu membangun otot. 2. Dapat membantu menguatkan daya tahan tubuh dan mengurangi resiko terserang penyakit. 3. Zat besi yang terdapat pada daging sapi dan kuah Rawon sangat baik untuk kesehatan tubuh.

4. Soto Ayam

Soto Ayam juga menjadi salah satu makanan khas Surabaya yang sangat populer dan mudah ditemukan di berbagai tempat makan atau warung makan di Surabaya. Soto Ayam ini terdiri dari sejumlah bahan seperti ayam yang dipotong kecil, mie atau lontong, dan telur rebus serta masih banyak bahan-bahan lainnya. Soto Ayam juga disiram oleh kuah kaldu ayam yang pekat dan diberikan taburan kecil seperti bawang goreng, seledri, dan perasan jeruk nipis.

Soto Ayam
Soto Ayam

Apa itu Soto Ayam?

Soto Ayam adalah makanan khas Surabaya yang terdiri dari sejumlah bahan seperti ayam yang dipotong kecil, mie atau lontong, dan telur rebus serta masih banyak bahan-bahan lainnya. Soto Ayam juga disiram oleh kuah kaldu ayam yang pekat dan diberikan taburan kecil seperti bawang goreng, seledri, dan perasan jeruk nipis.

Mengapa Soto Ayam menjadi populer?

Soto Ayam menjadi populer karena rasanya yang lezat dan khas, serta bahan-bahan yang mudah didapatkan dan disajikan dengan cara yang unik. Selain itu, Soto Ayam juga mudah ditemukan di berbagai tempat makan dan warung makan di Surabaya, jadi cocok untuk dinikmati sebagai menu sarapan ataupun menu makan siang.

Jenis-jenis Soto Ayam

Soto Ayam memiliki beberapa jenis yang enak, seperti Soto Ayam Pasar Atom, Soto Ayam Lamongan, dan Soto Ayam Ambengan yang banyak ditemukan di Surabaya. Namun, tetap saja dalam membuat Soto Ayam harus tetap menggunakan bahan-bahan yang segar agar hasilnya juga maksimal.

Cara Kerja membuat Soto Ayam

Untuk membuat Soto Ayam, pastikan terlebih dahulu bahwa semua bahan yang diperlukan telah tersedia seperti ayam, mie atau lontong, dan telur rebus serta taburan kecil seperti bawang goreng, seledri, dan perasan jeruk nipis. Kemudian rebuslah ayam hingga matang, masukan bahan-bahan ke dalam kuah rebusan ayam dan aduk hingga merata. Setelah itu, soraklah kuah ayam ke dalam mangkuk, tambahkan mie atau lontong yang telah disiapkan sebelumnya, dan Soto Ayam pun siap disajikan.

Keuntungan Makan Soto Ayam

Soto Ayam memiliki beberapa keuntungan bagi kesehatan tubuh, seperti

Posting Komentar untuk "Makanan Surabaya Viral"