Makanan Khas Surabaya Beserta Resepnya

Makanan sudah menjadi bagian penting dalam budaya kita, bahkan sejauh ini makanan juga menjadi identitas yang melekat pada suatu daerah. Surabaya, salah satu kota besar di Indonesia, juga dikenal dengan kekayaan kuliner khasnya. Makanan-makanan tersebut juga menjadi daya tarik bagi para pelancong dari luar daerah. Yuk, simak ulasan lengkap tentang makanan khas Surabaya berikut ini!

Pecel Semanggi

Pertama kali kita ingin merekomendasikan makanan khas Surabaya yang populer, yaitu Pecel Semanggi. Pecel Semanggi ini merupakan makanan khas asli Jawa Timur yang terbuat dari sayuran dan dicampur dengan bumbu kacang yang sangat khas. Pecel Semanggi biasanya dihidangkan dengan gedangan (sayuran hijau) yang disiram dengan bumbu kacang, sehingga rasa sayurnya lebih gurih dan nikmat. Apa yang membuat Pecel Semanggi sangat terkenal di Surabaya? Mungkin karena rasa khas bumbu kacangnya dan juga ketersediaan gedangan yang sangat melimpah di daerah tersebut.

Jenis-jenis dari Pecel Semanggi sangat bervariasi, ada yang dibuat dengan kelapa parut, ada juga yang menggunakan sayuran dan tumis tempe muda. Tidak hanya itu, makanan ini juga dihidangkan dengan nasi uduk atau lontong sebagai pelengkap. Maka tak heran Pecel Semanggi menjadi sajian yang sangat diminati oleh masyarakat Surabaya dan selalu menjadi dokumen utama bagi para pelancong yang berkunjung ke Surabaya.

Secara umum cara kerja memasak Pecel Semanggi cukup mudah. Pertama, habiskan sayuran semanggi dengan memotongnya sedemikian rupa dan direbus hingga benar-benar matang. Tumislah kacang tanah bersama bumbu halus yang sudah dibumbui kencur, kemiri, dan bawang putih. Ketika semuanya sudah siap, sayuran semanggi dan bumbu kacang bisa dicampur, dan siap disajikan dengan nasi uduk atau lontong.

Pecel Semanggi

Tahu Tek/Tahu Campur

Selain Pecel Semanggi, Tahu Tek atau Tahu Campur juga menjadi makanan khas Surabaya yang sulit untuk dilewatkan. Makanan ini sebenarnya sejenis dengan Bongkrek yang juga berasal dari Surabaya dan terbuat dari bahan dasar tahu dan mie kuning. Namun ada sebuah keunikan tersendiri pada Tahu Tek, yaitu menggunakan rawon (semur daging berbumbu) sebagai bahan campuran kuah tahu tersebut.

Cara memasak Tahu Tek sangat mudah, hanya perlu menggoreng tahu sampai matang, kemudian dibagi-bagi menjadi beberapa bagian, dan dicampur dengan mie sebelum disiram dengan semur daging berbumbu. Kombinasi banyak bahan membuat rasa tahu campur ini menjadi sangat spesial, terutama dengan kuah rawon yang cukup pekat dan kaya akan rasa rempah. Cocok bagi mereka yang menyukai makanan pedas dengan kekayaan bumbu, dan sangat baik dijadikan sebagai pengisi perut saat perut mulai keroncongan.

Tahu Tek

Sate Klopo

Sate sudah menjadi salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Dan di Surabaya, ada satu jenis sate yang memiliki keunikan tersendiri, yaitu Sate Klopo. Sate klopo ini terbuat dari daging ayam atau daging sapi yang diberi bumbu khusus dan kemudian ditusuk bersama kelapa parut dan dibakar hingga matang. Kelapa parut yang menggunakan kelapa muda memberikan aroma yang sangat khas pada sate klopo ini. Tidak hanya dikenal di Surabaya, sate klopo ini juga sudah dikenal di seluruh Indonesia dan bahkan mancanegara.

Ada beberapa jenis dari sate klopo, misalnya yang menggunakan kulit ayam dan terdapat juga yang menggunakan sayuran sebagai bahan dasarnya. Karena sate klopo sangat enak dimakan sebagai camilan atau untuk acara gathering seperti pesta ulang tahun atau reuni, cara membuatnya pun cukup mudah. Pertama, daging ayam atau sapi dipotong kecil-kecil dan kemudian ditusuk dengan kelapa muda. Setelah itu, dibakar hingga matang dan disajikan dengan bumbu kacang.

Sate Klopo

Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah salah satu makanan khas Surabaya yang sangat terkenal. Makanan ini berisi bahan-bahan seperti sayuran yang dicampur dengan potongan daging sapi dan cingur (bagian sumsum hidung sapi), yang kemudian disiram dengan bumbu petis. Rasa dari Rujak Cingur ini sangat terkenal di daerah Surabaya dan sekitarnya, dan sudah terkenal bahkan sejak jaman dulu.

Ada beberapa jenis dari Rujak Cingur, yang paling populer adalah yang menggunakan sayuran seperti timun, kangkung, bengkuang, kacang panjang, dan juga petis sebagai bumbu pelengkap. Cara membuat rujak cingur juga sangat mudah, bahan-bahan dicampurkan sedemikian rupa dengan potongan daging sapi dan cingur. Setelah itu, bumbu petis dapat ditambahkan untuk memberikan rasa yang lebih kaya dan lezat.

Rujak Cingur

Keripik Tempeh Mendoan

Keripik Tempeh Mendoan merupakan salah satu makanan ringan yang terkenal di Surabaya. Makanan ini terbuat dari tempeh yang dipotong tipis dan kemudian dilumuri dengan adonan yang berisi tepung beras, garam, dan rempah-rempah sebelum digoreng. Rasanya renyah di luar, dan lembut di dalam, cocok untuk disajikan sebagai teman ngopi atau sekedar mengisi waktu luang melihat pemandangan kota Surabaya dari atas gedung.

Ada beberapa jenis dari keripik tempeh mendoan yang populer di Surabaya, misalnya yang menggunakan tepung bumbu rasa ikan asin dan juga yang menggunakan tepung bumbu balado. Proses pembuatan keripik tempeh mendoan juga cukup sederhana. Tempeh diiris tipis-tipis, kemudian dicelup pada adonan, lalu digoreng hingga matang. Kerenyahan dan kelezatan keripik tempeh mendoan ini akan membuat Anda ketagihan dan ingin kembali ke Surabaya lagi dan lagi.

Keripik Tempeh Mendoan

Martabak Telur

Martabak Telur adalah makanan yang sudah sangat populer di seluruh Indonesia, termasuk di Surabaya. Martabak telur ini terbuat dari kulit martabak yang dipadatkan bersama telur dadar dan dipotong-potong atau dibentuk seperti gulungan. Usai dipanggang, martabak tersebut dihidangkan dengan saus sambal dan kecap, sehingga memberikan rasa pedas dan manis yang sangat khas. Martabak telur juga dapat diisi bahan-bahan lain sesuai selera, seperti daging sapi atau ayam dan sayuran.

Cara membuat martabak telur cukup mudah. Kulit martabak dan telur digaul bersama dan kemudian dipanggang di atas teflon hingga matang dan kecoklatan. Setelah itu, potong-potong atau dibentuk menjadi gulungan sesuai selera dan siap disajikan dengan saus sambal dan kecap. Martabak telur ini biasanya dijual pada malam hari dan dapat dijajakan di pinggir jalan, pusat kuliner, dan tempat wisata.

Martabak Telur

Kremes Ayam

Kremes Ayam adalah salah satu menu hidangan yang terkenal di Surabaya. Makanan ini dibuat dari potongan ayam yang dicampur dengan bumbu khas Surabaya, kemudian ditaburi dengan kerupuk yang renyah dan gurih. Kombinasi antara daging ayam yang empuk dan krispi kerupuk membuat Kremes Ayam sangat nikmat untuk dinikmati di saat makan siang maupun malam hari.

Ada beberapa jenis dari Kremes Ayam yang dapat dijumpai di Surabaya, misalnya Kremes Ayam Geprek (ayam goreng yang digeprek dan disiram saus), Kremes Ayam Krispi (ayam goreng yang disajikan dengan kerupuk), dan Kremes Ayam Bakar (ayam yang dibakar dan disajikan dengan kerupuk). Cara membuatnya pun cukup sederhana, potong-potong ayam kemudian diberi bumbu, lalu digoreng hingga krispi. Kerupuk dapat disajikan terpisah atau digunakan sebagai taburan atas ayam. Tidak heran jika Kremes Ayam menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia di mana pun berada.

Kremes Ayam

Coto Makassar

Coto Makassar memang tidak berasal dari Surabaya, tetapi makanan ini populer di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Surabaya. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang diolah bersama jeroan sapi menjadi satu kuah yang kaya akan rempah dan santan kelapa. Biasanya dihidangkan dengan ketupat, lontong, ataupun buras. Kuah kental yang berwarna coklat kehitaman sangat khas dan lezat, sehingga menjadi menu hidangan yang kerap dicari oleh masyarakat Surabaya dan para wisatawan.

Ada beberapa jenis dari Coto Makassar, tergantung dari daerahnya. Cara membuat Coto Makassar cukup ribet dan perlu ketelitian dalam memasak. Terlebih, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini juga cukup lengkap. Jika Anda ingin memasak sendiri, ada beberapa bahan yang diperlukan seperti jeroan sapi, cacing tanah, dan kacang hijau; serta bumbu rempah seperti bawang putih, merica, garam, ketumbar, dan kunyit. Memasak Coto Makassar memang perlu waktu yang cukup lama, namun rasa lezat dari makanan ini tidak akan mengecewakan Anda.

Coto Makassar

Mie Ayam

Mie Ayam adalah makanan khas Surabaya yang sangat mudah ditemukan. Warung Mie Ayam tersebar di seluruh kota, baik di pinggir-pinggir jalan maupun di pusat keramaian. Mie Ayam Surabaya terbuat dari mie kuning yang dipadukan dengan potongan daging ayam, telur, dan juga sayuran. Sajian ini biasanya disajikan dengan kuah kaldu ayam yang gurih dan lezat.

Ada beberapa variasi dari Mie Ayam Surabaya, seperti yang menggunakan kuah kaldu ayam, atau mie pangsit yang disajikan dengan bakso sapi atau ayam. Rasanya yang gurih dan nikmat bikin siapapun ketagihan untuk tak henti-hentinya memakan mie ayam ini. Bagaimana cara membuat Mie Ayam Surabaya? Pertama-tama potong-potong daging ayam dan kemudian tumis bersama bumbu-bumbu yang sudah disiapkan, seperti bawang merah, bawang putih, dan juga ebi. Setelah daging ayam matang, tambahkan air dan masak hingga mendidih. Selanjutnya masukkan mie kuning dan telur, kemudian campurkan dengan kaldu dan sayur-sayuran sesuai selera.

Mie Ayam

Lontong Sayur

Lontong Sayur adalah makanan yang terkenal di Surabaya. Sajian ini terdiri dari ketupat atau lontong yang diberikan kuah santan dan sayuran seperti labu siam, kacang panjang, dan juga tauge. Lontong Sayur memiliki cita rasa yang lezat dan sudah menjadi makanan wajib bagi masyarakat Surabaya.

Cara membuat Lontong Sayur biasanya ter

Posting Komentar untuk "Makanan Khas Surabaya Beserta Resepnya"