Kuliner Surabaya Yang Wajib Dicoba

Guuuyyyys, kali ini aku mau share sama kalian tentang kuliner khas dari Surabaya yang wajib banget dicoba. Yukk buruan dicicipin, ntar pasti nagihhh deh!


1. Lontong Kupang

Kalian harus mencoba Lontong Kupang, makanan khas Surabaya yang satu ini. Apa itu Lontong Kupang, sih? Lontong Kupang adalah makanan khas dari Surabaya yang terbuat dari lontong dan bahan utamanya adalah kupang. Olahan ini memiliki rasa yang gurih dan pedas. Untuk menghasilkan rasa yang nikmat, kuah Lontong Kupang biasanya dicampur dengan kelapa, belimbing wuluh, dan cabe merah.

Mengapa harus mencicipi Lontong Kupang? Karena makanan ini memiliki rasa yang khas dan berbeda dari olahan lainnya. Selain itu, Lontong Kupang juga kenyal dan lembut, cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman.

Jenis-jenis Lontong Kupang? Ada 2 jenis lontong kupang yaitu Kupang dan lontong nyemek. Kupang adalah kupang yang di rebus bersama dengan bumbu-bumbu tertentu kemudian disatukan dengan potongan lontong ke dalam mangkuk, tambahan bagi sebuah piring biasanya ditambahkan telur rebus, mentimun, dan emping. Lontong Nyemek adalah kupang yang disiramkan kuah kental pada lontong, umumnya kuah lontong nyemek ini lebih kuat daripada kuah kupang.

Cara kerja membuat Lontong Kupang? Pertama-tama, cuci kupang hingga bersih, rebus kupang bersama bahan-bahan seperti serai, lengkuas, daun salam, dan tetesan air jeruk nipis, hingga empuk, lalu saring. Sisa kupang yang telah disaring lalu dibumbui menggunakan bahan utama seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai, kunyit, lalu digoreng dan dibalut dengan tepung yang telah dicampurkan dengan telur ayam.

Keuntungan dari makan Lontong Kupang? Kaya protein, mengandung antibakterial, serta baik untuk pencernaan. Jangan khawatir tentang manfaatnya, karena kupang untuk lontong ini juga tidak begitu mahal dibeli dan mudah ditemukan. Maka dari itu, tidak ada salahnya mencoba dan menikmati cita rasa yang gurih dan pedas dari Lontong Kupang yang khas dari Surabaya.

Lontong Kupang

Nah, selain dari Lontong Kupang, ada juga nih restoran keren di Surabaya yang harus banget kalian kunjungi yakni Penyetan Enak.


2. Penyetan Enak

Apa itu Penyetan Enak? Penyetan Enak adalah sebuah rumah makan yang berlokasi di Surabaya dan menyuguhkan makanan Sunda dan Jawa. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi dan sambal yang pedas.

Mengapa harus mencicipi Penyetan Enak? Karena makanan yang disuguhkan di sini memiliki rasa yang khas dan pas di lidah. Selain itu, kamu juga dapat mencoba aneka olahan makanan lainnya yang pastinya juga enak-enak deh.

Jenis-jenis makanan di Penyetan Enak? Ada beberapa jenis makanan yang disajikan di Penyetan Enak, seperti Ayam dan bebek goreng, ikan bakar, tahu isi, dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara kerja membuat makanan di Penyetan Enak? Makanan yang disajikan di Penyetan Enak biasanya dibuat dengan bahan-bahan segar dan memiliki rasa yang khas. Bahan-bahan tersebut mencakup rempah-rempah, bawang, cabai, dan berbagai bahan alami lainnya. Kemudian, bahan-bahan tersebut diolah menjadi masakan yang lezat dan enak.

Keuntungan dari makan di Penyetan Enak? Harganya sangat terjangkau, dan makanan yang disajikan di sini segar dan lezat, sehingga pasti membuat kamu tidak bisa berhenti menikmatinya.

Penyetan Enak

Selain kedua restoran di atas, kamu juga bisa mencoba makanan khas lainnya di Surabaya seperti Nasi Goreng Jancuk.


3. Nasi Goreng Jancuk

Apa itu Nasi Goreng Jancuk? Nasi Goreng Jancuk adalah makanan khas Surabaya yang terbuat dari nasi putih dan dicampur dengan bumbu-bumbu tertentu seperti kecap manis dan cabai. Nasi goreng ini disajikan dengan telur mata sapi, irisan daging ayam, dan kerupuk yang renyah.

Mengapa harus mencicipi Nasi Goreng Jancuk? Karena rasanya enak dan memiliki cita rasa khas yang berbeda dari olahan nasi goreng lainnya. Selain itu, namanya yang unik juga membuat orang penasaran untuk mencobanya.

Jenis-jenis Nasi Goreng Jancuk? Ada beberapa jenis Nasi Goreng Jancuk yang bisa kamu coba, seperti Nasi Goreng Jancuk Garing, Nasi Goreng Jancuk Pedes, dan Nasi Goreng Jancuk Merah.

Bagaimana cara membuat Nasi Goreng Jancuk? Pertama, nasi putih di tumis dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai, dan kecap manis. Kemudian, telur mata sapi dan daging ayam digoreng terlebih dahulu dan kemudian ditaruh di atas nasi goreng yang sudah siap. Terakhir, kerupuk diletakkan di atas semuanya dan siap untuk dinikmati.

Keuntungan dari makan Nasi Goreng Jancuk? Selain rasanya yang lezat, harganya juga terjangkau dan mudah ditemukan di berbagai tempat kuliner. Menikmati Nasi Goreng Jancuk juga bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berbeda.

Nasi Goreng Jancuk

Ada banyak lagi makanan khas Surabaya yang enak dan harus kamu coba. Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk menikmati kuliner lezat ini. Yuk, ajak teman-teman atau keluarga untuk mengunjungi Surabaya dan mencoba makanan khas dari kota ini.


Posting Komentar untuk "Kuliner Surabaya Yang Wajib Dicoba"