Kuliner Surabaya Instagram

Siapa yang tak suka kuliner? Terlebih lagi jika makanan tersebut enak dan murah meriah. Nah, bagi Anda yang sedang berada di Surabaya, jangan lewatkan kuliner-kuliner berikut ini!

Sego Babat

Sego Babat

Apa itu Sego Babat?

Sego Babat merupakan salah satu kuliner khas Surabaya yang namanya sudah cukup terkenal. Makanan ini berupa nasi yang disajikan dengan jeroan sapi (termasuk babat) sebagai lauknya. Rasanya yang khas ditambah dengan jenis sambal yang berbeda-beda membuat Sego Babat menjadi salah satu kuliner yang paling dicari di Surabaya.

Mengapa Sego Babat Enak?

Jika Anda bertanya mengapa Sego Babat enak, jawabannya adalah rasa yang khas. Jeroan sapi yang digunakan memang memiliki cita rasa yang sangat berbeda dengan daging sapi biasa. Ditambah lagi dengan sambal-sambal yang ada, membuat siapa pun yang mencicipi Sego Babat pasti tidak akan menyesal.

Jenis-Jenis Sego Babat

Meskipun nasi dan jeroan sapi sudah menjadi hal yang umum dalam Sego Babat, tetapi ada beberapa tempat yang menyajikan Sego Babat dengan bumbu dan sambal yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan sambal terasi, ada juga yang menggunakan sambal kacang. Ada yang mengolah jeroan sapi dengan bumbu kari, dan ada juga yang menggunakan bumbu lebih pedas dan menyengat.

Cara Kerja Membuat Sego Babat

Untuk membuat Sego Babat tidaklah sulit, hanya dibutuhkan jeroan sapi yang sudah dipotong-potong dan direbus hingga empuk. Lalu, tambahkan bumbu dan sambal sesuai selera. Sajikan dengan nasi yang masih panas dan Sego Babat siap dinikmati.

Keuntungan Makan Sego Babat

Banyak yang bilang jika Sego Babat lebih sehat dibandingkan dengan makanan cepat saji. Mengapa demikian? Karena Sego Babat menggunakan daging yang tidak mengandung banyak lemak. Selain itu, karena menggunakan jeroan sapi, Sego Babat juga kaya akan zat besi yang baik untuk kesehatan darah.

Manfaat Makan Sego Babat

Ada beberapa manfaat dari makan Sego Babat. Pertama, Sego Babat kaya akan protein dan zat besi yang baik untuk kesehatan darah. Kedua, karena tidak mengandung lemak yang banyak, Sego Babat dapat membantu menurunkan berat badan. Dan ketiga, dengan harga yang murah meriah, makan Sego Babat bisa menjadi alternatif yang baik untuk mereka yang ingin makan enak tanpa mengeluarkan banyak uang.

Tahu Campur

Tahu Campur

Apa itu Tahu Campur?

Tahu Campur adalah salah satu makanan khas Surabaya yang terdiri dari tahu, bihun, kentang goreng, kol, suwiran ayam, dan disiram dengan kuah kaldu yang khas. Tak hanya lezat rasanya, Tahu Campur juga memberikan sensasi yang berbeda ketika dimakan.

Mengapa Tahu Campur Enak?

Tahu Campur enak karena berbagai jenis bahan yang digunakan dalam satu mangkuk membuat rasanya semakin bervariasi. Selain itu, kuah kaldu yang mengalir di atas bahan-bahan tersebut memberikan cita rasa yang khas dan menyenangkan lidah.

Jenis-Jenis Tahu Campur

Tahu Campur memang memiliki bahan yang sudah 'wajib' seperti tahu, bihun, dan suwiran ayam. Namun, ada beberapa tempat yang memberikan variasi pada Tahu Campur. Ada yang menambahkan sosis, ada yang menambahkan otak-otak, bahkan ada yang menambahkan seafood sebagai bahan pelengkap.

Cara Kerja Membuat Tahu Campur

Cara membuat Tahu Campur cukup mudah. Pertama, rebus tahu, bihun, dan kentang goreng hingga matang. Lalu, taruh bahan tersebut ke dalam mangkuk, tambahkan kol dan suwiran ayam. Terakhir, siram dengan kuah kaldu. Tahu Campur pun siap disajikan.

Keuntungan Makan Tahu Campur

Tahu Campur mengandung protein yang cukup tinggi karena menggunakan tahu dan ayam sebagai bahan utamanya. Selain itu, Tahu Campur juga mengandung vitamin dan mineral dari sayuran seperti kol dan kentang goreng. Dan yang terpenting, selain enak, Tahu Campur juga murah meriah!

Manfaat Makan Tahu Campur

Manfaat dari mengonsumsi Tahu Campur tidak berbeda jauh dengan manfaat makan sayuran dan daging. Butuhan protein dan zat besi dapat terpenuhi dengan mengonsumsi Tahu Campur yang mengandung tahu dan ayam. Sementara itu, kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada kol dan kentang goreng dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Nasgor Goreng Jawa

Nasgor Goreng Jawa

Apa itu Nasgor Goreng Jawa?

Nasgor Goreng Jawa adalah versi nasgor yang disajikan dengan bumbu-bumbu khas Jawa seperti kecap manis, petis, dan cabai. Keunikan dari Nasgor Goreng Jawa adalah warna nasi yang berbeda dari nasgor pada umumnya, karena nasi diaduk bersama bumbu-bumbu tersebut.

Mengapa Nasgor Goreng Jawa Enak?

Nasgor Goreng Jawa enak karena paduan antara rasa gurih dari nasi goreng dengan manisnya kecap, sedikit asinnya petis, dan kepedasan cabai yang merupakan ciri khas dari kuliner Jawa. Gabungan tersebut membuat cita rasa Nasgor Goreng Jawa terasa istimewa dan menggugah selera.

Jenis-Jenis Nasgor Goreng Jawa

Tak banyak varian dari Nasgor Goreng Jawa, kebanyakan dari mereka hanya menambahkan bahan pelengkap seperti telur dan ayam. Namun, ada pula yang menambahkan seafood sebagai bahan pelengkapnya. Selain itu, beberapa tempat memberikan pilihan anti-mainstream seperti Nasgor Goreng Jawa dengan daging rendang sebagai lauknya.

Cara Kerja Membuat Nasgor Goreng Jawa

Cara membuat Nasgor Goreng Jawa tidaklah sulit. Nasi yang telah matang dimasukkan ke dalam penggorengan dan diaduk dengan kecap manis, petis, dan cabai hingga bumbu meresap ke dalam nasi. Tambahkan bahan pelengkap seperti telur dan ayam, dan Nasgor Goreng Jawa siap dinikmati.

Keuntungan Makan Nasgor Goreng Jawa

Karena mengandung nasi dan beberapa bahan lain seperti telur dan ayam, maka keuntungan dari mengonsumsi Nasgor Goreng Jawa tidaklah berbeda jauh dengan makanan sejenis. Kandungan karbohidrat yang ada pada nasi dapat memberi energi untuk tubuh. Sementara itu, protein yang terkandung dalam telur dan ayam dapat membantu memenuhi kebutuhan asupan protein pada tubuh.

Manfaat Makan Nasgor Goreng Jawa

Karena terdiri atas beberapa jenis bahan makanan, Nasgor Goreng Jawa menjadi makanan yang cukup seimbang dalam hal mengandung karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral dari sayuran seperti wortel dan kubis. Dengan harga yang terjangkau, maka makan Nasgor Goreng Jawa menjadi salah satu pilihan yang baik untuk menikmati kuliner di Surabaya sambil mengisi perut.

Jadi, itulah beberapa kuliner khas Surabaya yang legendaris dan murah meriah. Dari Sego Babat yang khas, Tahu Campur yang menggoda selera, hingga Nasgor Goreng Jawa yang anti-mainstream, semuanya bisa Anda nikmati di Surabaya. Tunggu apa lagi? Jangan sampai kelewatan kuliner-kuliner di atas saat Anda berkunjung ke Surabaya.


Posting Komentar untuk "Kuliner Surabaya Instagram"