Kue Khas Surabaya Yang Enak

Sudah pernah mencoba kue Jongkong? Kue dengan ciri khas dari Surabaya ini pasti akan membuat lidah kamu bergoyang! Kue Jongkong adalah salah satu jenis jajanan khas Surabaya yang sangat populer di Indonesia, terutama di Jawa Timur.

Kue Jongkong Surabaya

Kue Jongkong Surabaya

Apa itu Kue Jongkong?

Kue Jongkong adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti tepung ketan, gula merah, dan kelapa parut. Namun, meskipun terbuat dari bahan-bahan sederhana, Kue Jongkong memiliki rasa yang sangat enak dan lezat.

Menurut sejarahnya, Kue Jongkong pertama kali ditemukan di Surabaya pada tahun 1960-an. Kue ini awalnya dijual oleh para pedagang keliling yang menjajakan kuliner khas Surabaya. Namun, seiring perkembangan zaman, Kue Jongkong semakin populer dan mudah ditemukan di pasar tradisional dan toko oleh-oleh di Surabaya.

Mengapa Kue Jongkong begitu populer?

Salah satu alasan mengapa Kue Jongkong begitu populer adalah karena rasanya yang lezat dan manis. Selain itu, Kue Jongkong juga memiliki tekstur yang kenyal dan lengket yang membuatnya begitu nikmat di lidah. Kue ini juga memiliki aroma yang khas dan sangat menggugah selera.

Jenis-jenis Kue Khas Jawa Tengah

Kue Khas Jawa Tengah

Jawa Tengah juga terkenal dengan beragam kue khasnya. Berikut ini adalah beberapa jenis kue khas dari Jawa Tengah:

1. Onde-onde:

Onde-onde adalah kue bola-bola yang terbuat dari tepung ketan, kelapa parut, dan gula merah sebagai isian di dalamnya. Kue ini biasanya digoreng dan memiliki rasa manis yang sangat lezat.

2. Klepon:

Klepon adalah kue bola-bola yang terbuat dari tepung ketan dan diisi dengan gula merah dan kelapa parut. Kue ini memiliki rasa manis dan tekstur kenyal yang unik.

3. Putu Ayu:

Putu Ayu adalah kue tradisional Indonesia yang dibuat dari tepung beras, santan, gula, dan pewarna alami. Kue ini biasanya dibuat dalam bentuk bulat dan diisi dengan kelapa parut di dalamnya.

4. Botok Tahu:

Botok Tahu adalah kue yang terbuat dari tahu yang diisi dengan campuran sayuran dan rempah-rempah khas Indonesia seperti daun jeruk, daun salam, dan kemiri. Kue ini biasanya dikepang atau diikat dengan daun pisang lalu dikukus.

Apem Selong Istimewa Surabaya

Apem Selong Istimewa Surabaya

Apa itu Apem Selong Istimewa?

Apem Selong Istimewa adalah salah satu jenis kue tradisional khas dari Surabaya yang sangat terkenal. Kue ini terbuat dari bahan baku singkong yang diparut, tepung ketan, santan, gula merah cair, dan pewarna hijau dari pandan.

Bagaimana Cara Membuat Apem Selong Istimewa?

Silahkan ikuti resep berikut:

Bahan-bahan:

  • 250 gram singkong yang sudah diparut dan dikeluarkan airnya
  • 200 gram tepung ketan
  • 1/2 kaleng santan kental
  • 2 tetes pewarna hijau dari pandan
  • 2 tetes air kapur sirih
  • Gula merah cair secukupnya
  • Daun pisang untuk membungkus

Cara Membuat:

  1. Campurkan semua bahan menjadi satu dan aduk hingga rata
  2. Bungkus adonan dengan daun pisang
  3. Kukus selama kurang lebih 20 menit
  4. Angkat dan sajikan selagi masih hangat

Apa Keuntungan dari Mengonsumsi Apem Selong Istimewa?

Apem Selong Istimewa memiliki beberapa keuntungan untuk kesehatan, diantaranya:

  • Meningkatkan kadar energi dalam tubuh karena mengandung karbohidrat dan gula
  • Menambahkan timbal dalam tubuh karena mengandung bahan-bahan yang mengandung besi

Apa Manfaat dari Mengonsumsi Apem Selong Istimewa?

Selain keuntungan di atas, Apem Selong Istimewa juga memiliki manfaat untuk tubuh, diantaranya:

  • Dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama
  • Menambahkan asupan nutrisi bagi tubuh
  • Memperbaiki sirkulasi darah

Oleh-Oleh Khas Surabaya

Oleh-Oleh Khas Surabaya

Surabaya juga terkenal dengan beragam oleh-oleh khasnya. Berikut ini adalah beberapa jenis oleh-oleh khas dari Surabaya:

1. Tahu Telur:

Tahu telur adalah salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang sangat terkenal. Tahu telur terbuat dari tahu yang digoreng dengan tepung dan telur di atasnya. Tahu Telur biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang khas dan disiram dengan kecap manis.

2. Mpek-mpek:

Mpek-mpek adalah oleh-oleh yang terbuat dari ikan tenggiri yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung sagu. Mpek-mpek biasanya disajikan dengan saus kacang atau kuah segar yang khas.

3. Bakpia Pathok:

Bakpia Pathok adalah makanan ringan khas Jawa Timur yang terbuat dari tepung ketan dan gula. Bakpia Pathok biasanya diisi dengan kacang hijau atau keju dan disajikan dengan cara dipanggang atau digoreng.

4. Sego Sambel Krecek:

Sego sambel krecek adalah makanan khas Surabaya yang terdiri dari nasi yang dicampur dengan krecek sapi dan sambal. Sego sambel krecek biasanya disajikan dengan bahan pelengkap seperti tahu goreng, tempe, dan sayuran segar.

Nah, itu dia beberapa jenis kue khas Surabaya dan Jawa Tengah yang sangat populer dan enak. Jangan lupa untuk mencoba semua makanan dan oleh-oleh khas dari Surabaya ketika kamu berkunjung ke sana!


Posting Komentar untuk "Kue Khas Surabaya Yang Enak"